Profil Fadjar Prasetyo, Jenderal Bintang 4 Kepala Staf Angkatan Udara

Kamis, 17 November 2022 - 19:12 WIB
loading...
Profil Fadjar Prasetyo, Jenderal Bintang 4 Kepala Staf Angkatan Udara
Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang kini tengah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang kini tengah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) sebelumnya sempat muncul sebagai kandidat Panglima TNI pada 2021 lalu.

Dikutip dari laman tni-au.mil.id, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo resmi menjabat sebagai KSAU setelah melakukan sertijab dengan Marsekal TNI Yuyu Sutisna, di Mabesau, Cilangkap, Jakarta, pada 20 Mei 2020.

Baca juga : Ini Pesan Yuyu Sutisna Kepada KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo

Fadjar Prasetyo yang lahir pada 9 April 1966 merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1988. Setelah lulus, pria asal Jakarta ini bertugas menjadi penerbang tempur pesawat A-4 Skyhawk di Skuadron 11 Landasan Udara Sultan Hasanuddin, Makassar sejak 1990-1995.

Sempat dua kali bertugas di Skuadron Udara 17 Landasan Udara Halim Perdanakusuma, hingga akhirnya dia dipromosikan sebagai Komandan di Skuadron Udara 17.

Kemudian, ketika Fadjar Prasetyo berpangkat kolonel pada 2013 lalu, dia kembali diangkat Komandan Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma. Hingga pada akhirnya dia musti bergeser posisi pada 2016 untuk menjadi Direktur Pendidikan dan Latihan di Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara.

Pangkat Jenderal Bintang Satu atau Marsekal Muda TNI mulai tersemat di pundak Fadjar pada Oktober 2016. Dia pun kembali bertugas di Halim sebagai Komandan Landasan Udara Halim Perdanakusuma menggantikan Marsma TNI Sri Mulyo Handoko.

Kariernya mulai gemilang setelah dipindah tugaskan untuk menjaga wilayah udara Indonesia bagian barat, meliputi seluruh Sumatra, Kalimantan Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta, pada tahun 2019.

Baca juga : Marsekal Fadjar Prasetyo Resmikan 3 Satuan Baru TNI AU

Fadjar juga disebut telah berhasil untuk membawa Koopsau I membantu pemerintah dalam berbagai bidang sosial kemanusiaan. Salah satunya seperti evakuasi korban unjuk rasa di Wamena.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1966 seconds (0.1#10.140)