Elektabilitas Partai Perindo Terus Meroket, Pengamat: Prospek Menuju Senayan

Rabu, 16 November 2022 - 22:05 WIB
loading...
Elektabilitas Partai Perindo Terus Meroket, Pengamat: Prospek Menuju Senayan
Pengamat politik Arif Nurul Imam menilai pujian Presiden Jokowi kepada Partai Perindo menunjukkan sinyal partai tersebut memiliki prospek cukup besar duduk di Senayan pada Pemilu 2024. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Pengamat politik Arif Nurul Imam menilai pujian diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) menunjukkan sinyal partai pimpinan Hary Tanoesoedibjo (HT) tersebut memiliki prospek cukup besar duduk di Senayan pada Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan Arif ketika disinggung soal pernyataan Presiden Jokowi saat memberikan pujian dalam sambutan di HUT ke-8 Partai Perindo di Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 7 November 2022.

Apalagi berdasarkan survei Lembaga Political Weather Station (PWS) pada November 2022, Partai Perindo dinilai peduli terhadap rakyat kecil, sehingga Partai Perindo meraih elektabilitas 6,2%. "Partai Perindo memiliki prospek masuk Senayan," kata Arif di Jakarta, Selasa (15/11/2022).



Terlebih, kata Arif, seruan Jokowi yang meminta partai politik lainnya untuk berhati-hati terhadap Partai Perindo di Pemilu 2024, merupakan warning kepada parpol yang saat ini duduk di Senayan.

"Terkait pernyataan Jokowi agar hati-hati dengan Partai Perindo tentu wajar karena Partai Perindo hari ini semakin solid dan sistematis dalam kerja-kerja politik," ungkap Direktur IndoStrategi Research and Colsulting itu.



Terlebih, komunikasi politik dilakukan HT dalam merekrut tokoh-tokoh nasional dan daerah akan semakin banyak mencaplok pendukung di setiap tingkatan. Begitupun juga dengan Mars Perindo yang secara tidak langsung memberikan pengaruh cukup besar kepada masyarakat. "Tentu itu semakin memperkuat karena makin banyak tokoh bergabung yang tentunya akan membawa gerbong dan pendukung," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memprediksi Partai Perindo akan menjadi partai besar karena memiliki elektabilitas sebesar 4,5% berdasarkan hasil survei terbaru Litbang Kompas. Angka dari survei tersebut mampu menyalip tiga partai yang ada di Senayan.

"Saya melihat terakhir survei Litbang Kompas, Partai Perindo dapat gede banget lho 4,5%, sudah mengalahkan tiga partai di parlemen. Saya ndak usah sebutkan partainya apa," kata Jokowi saat memberikan sambutan di puncak perayaan HUT ke-8 Partai Perindo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3116 seconds (0.1#10.140)