Miliki Kemampuan sebagai Pemimpin, Pengamat: Airlangga Layak Jadi Capres 2024

Rabu, 16 November 2022 - 17:16 WIB
loading...
A A A
Berdasarkan respons yang diberikan oleh 2.180 responden , penelitian ini menemukan ada empat faktor yang memengaruhi perilaku memilih presiden dan wakil presiden. Memilih berdasarkan personal kandidat sebanyak 45,7 % yang meliputi rekam jejak kepemimpinan, kemampuan dalam menjalin relasi dengan masyarakat dan lawan politik, kharisma, kewibawaan, ketegasan, kemenarikan secara fisik, serta kelincahan.

Faktor tawaran kandidat presiden dan wakil presiden sebanyak 25,6% yang menekankan pada visi, misi, dan program kerja. Kemudian personal pemilih sebanyak 10,9 % berupa kesamaan identitas sosial dengan kandidat dan ketidaksukaan terhadap kandidat presiden dan wakil presiden yang lain.

Kemudian didasarkan pada lingkungan sosial pemilih yang didominasi oleh pengaruh keluarga sebanyak 17,8 %. Lalu didasarkan pada lingkungan sosial kandidat seperti partai dan organisasi kemasyarakatan.

Menanggapi hasil survei INES ini, pengamat politik dari Peneliti Spektrum Politika Institute Sumatera Barat Hairunnas mengatakan, survei INES tersebut sebagai bukti bahwa saat ini pemilih masih melihat sosok Airlangga Hartarto sebagai capres pilihan di 2024. "Airlangga Hartarto memiliki peluang besar untuk menang di Pilpres 2024, karena sosok Airlangga telah membuktikan kinerjanya kepada masyarakat, " kata Hairunnas kepada wartawan.

Menurut dia, meskipun muncul nama beberapa tokoh lain seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Puan Maharani, Muhaimin Iskandar, Agus Yudhoyono, namun nama Airlangga tetap berpeluang besar untuk dipilih oleh masyarakat pada Pilpres 2024.

Terbukti, elektabilitas Airlangga juga sangat tinggi, sehingga banyak pemilih lebih melirik sosok Ketua Umum Partai Golkar itu sebagai Capres 2024. "Elektabilitas Airlangga tinggi dan ini menjadi daya tarik bagi pemilih," ucap dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, itu.

Menurut dia, saat ini pemilih lebih cerdas sehingga tidak mudah masyarakat memilih sosok Capres 2024. Maka itu, munculnya Airlangga membuka peluang Partai Golkar untuk membawa Airlangga sebagai capres yang diinginkan rakyat Indonesia.

”Airlangga telah menunjukkan kemampuannya sebagai pemimpin, baik sebagai Ketua Umum Partai Golkar dan juga sebagai Menko Perekonomian yang bekerja untuk masyarakat ketimbang pencitraan,” katanya.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)