Presiden Jokowi Minta KTT G20 Tak Dikaitkan dengan Politik

Rabu, 16 November 2022 - 17:09 WIB
loading...
Presiden Jokowi Minta KTT G20 Tak Dikaitkan dengan Politik
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada semua pihak agar tidak mengaitkan KTT G20 di Bali dengan urusan politik antarnegara. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meminta kepada semua pihak agar tidak mengaitkan KTT G20 di Bali dengan urusan politik antarnegara di dunia. Sebab, pertemuan ini merupakan forum ekonomi dunia.

"G20 itu adalah forum ekonomi, forum finansial, forum pembangunan, bukan forum politik. Jadi jangan ditarik-tarik ke politik," kata Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/11/2022).

Jokowi mengatakan pada KTT G20 menghasilkan Bali Leaders Declaration. Dari deklarasi tersebut terdapat poin yang menyinggung soal perang di Ukraina.



"Sampai tengah malam kita berbicara mengenai ini dan akhirnya Deklarasi Bali dicapai melalui konsensus. Kami menyepakati bahwa perang berdampak negatif pada ekonomi global. Kemudian pemulihan ekonomi global juga tidak akan tercapai tanpa perdamaian," tambahnya.

Selain deklarasi, kata Jokowi, para pemimpin G20 juga telah menyetujui untuk menghasilkan kerja sama konkret di bidang kesehatan. "Tadi sudah saya sampaikan hasilnya USD 1,5 miliar untuk pandemic fund dan transisi energi serta transformasi digital dan ada perwakilan Rusia yang hadir di KTT saat itu meskipun alot tetapi telah disahkan," ungkapnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2478 seconds (0.1#10.140)