Deretan Jenderal TNI Bintang 4 Jebolan Akmil 1970, Nomor 1 dan 4 Disegani di Kopassus

Selasa, 15 November 2022 - 05:47 WIB
loading...
Deretan Jenderal TNI Bintang 4 Jebolan Akmil 1970, Nomor 1 dan 4 Disegani di Kopassus
(searah jarum jam) Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadi Siswoyo, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, Jenderal TNI (Purn) Tyasno Sudarto, dan Jenderal TNI (HOR) Luhut Binsar Pandjaitan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menyandang pangkat Jenderal TNI merupakan impian setiap prajurit. Sebab pangkat Jenderal merupakan kedudukan tertinggi yang dapat dicapai seorang Perwira Tinggi (Pati) dalam karier militernya.

Namun, tidak semua prajurit TNI termasuk mereka yang lulus dari Akademi Militer (Akmil), Magelang bisa mencapai jenjang kepangkatan tertinggi tersebut.

Sejak didirikan pada 31 Oktober 1945 dengan nama Militaire Academie (MA) di Yogyakarta, hanya 29 orang yang berhasil meraih pangkat Jenderal. Dari jumlah tersebut, lulusan Akmil 1970 terbilang istimewa karena paling banyak lulusannya yang berhasil mencapai pangkat Jenderal TNI.

Baca juga: Ini 10 Perwira Tinggi yang Naik Pangkat Bintang Dua Setelah Dimutasi Panglima TNI

Berdasarkan data dari website resmi akmil.ac.id tercatat ada empat orang lulusan Akmil 1970 yang menyandang pangkat Jenderal TNI. Keempat orang ini merupakan tokoh militer yang cukup disegani di kalangan militer hingga saat ini.

1. Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadi Siswoyo

Pria kelahiran 12 Juni 1946 di Desa Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan lulusan Akmil 1970 pertama yang meraih pangkat Jenderal TNI.

Berdasarkan catatan resmi Akmil, mantan Danjen Kopassus ini mendapat pangkat Jenderal penuh pada 11 Februari 1998 saat dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Wiranto yang diangkat menjadi Panglima TNI oleh Presiden Soeharto.

Baca juga: Keajaiban Doa Ibu! Prajurit dari Keluarga Sederhana Ini Sukses Jadi Jenderal Kopassus

Dikutip dari buku biografi berjudul ”Jenderal TNI Wiranto: Penegak Gerakan Disiplin Nasional” Subagyo HS merupakan lulusan Akmil dari kecabangan infanteri Kopassus. Peraih dua kali Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) dalam Operasi Seroja dan Operasi Woyla ini, merupakan satu-satunya KSAD yang merasakan kepemimpinan tiga presiden yakni, Presiden Soeharto, Presiden BJ Habibie dan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1458 seconds (11.252#12.26)