Sedia Payung, BMKG Prakirakan Seluruh Wilayah Indonesia Diguyur Hujan Hari Ini

Senin, 14 November 2022 - 04:04 WIB
loading...
Sedia Payung, BMKG Prakirakan Seluruh Wilayah Indonesia Diguyur Hujan Hari Ini
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa seluruh wilayah Indonesia akan diguyur hujan pada Senin (14/11/2022). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa seluruh wilayah Indonesia akan diguyur hujan pada Senin (14/11/2022). Sirkulasi siklonik di wilayah barat hingga timur Indonesia yang menimbulkan produksi awan-awan hujan ditengarai jadi penyebabnya.

"Sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Aceh, Samudera Hindia Barat Lampung, di laut Jawa, di Selat Makassar, di perairan Utara Papua dari Papua yang membentuk daerah pertemuan atau pelambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di Laut Andaman hingga pesisir utara Aceh, di Kalimantan Selatan hingga pesisir utara Jawa, di laut Sulawesi hingga Selat Makassar, di Papua hingga Laut Arafuru bagian utara dan di perairan utara Papua," ujar Prakirawan BMKG Cindy Indah Pratiwi melalui akun Instagram BMKG @infobmkg yang dikutip MNC Portal, Minggu (13/11/2022). Baca juga: La Nina Mengancam, Cuaca Ekstrem Kepung Jabar

Di Sumatera, Cindy menjelaskan, secara umum wilayah Sumatera diprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, namun perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat di Kota Aceh dan Bandar Lampung, serta hujan disertai petir di Kota Padang, Palembang, dan Pangkalpinang.

Selanjutnya wilayah Pulau Jawa, secara umum wilayah diperkirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. "Namun perlu kita waspadai potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah Kota Bandung serta hujan disertai petir di wilayah kota Yogyakarta," terangnya.

Berikutnya, kata Cindy, di wilayah Bali dan Nusa Tenggara terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di Kota Denpasar dan Kota Kupang, sedangkan potensi hujan dengan intensitas sedang terdapat di Kota Mataram.

Untuk wilayah Kalimantan, Cindy menerangkan terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Palangkaraya, Banjarmasin, dan Samarinda. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang terdapat di wilayah Kota Pontianak.

"Namun perlu diwaspadai potensi hujan disertai petir di wilayah Kota Tanjung Selor," imbuhnya.

Di Pulau Sulawesi, dia menjelaskan, didominasi hujan dengan intensitas ringan, namun terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang di wilayah Kota Manado.

Kemudian di wilayah timur Indonesia, Cindy menambahkan terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Kota Ambon, Manokwari, dan Jayapura. Perlu diwaspadai potensi hujan disertai petir di wilayah Kota Ternate. Baca juga: Simak! Tips Hadapi Cuaca Ekstrem dan Bencana Hidrometeorologi di Jakarta

"Demikian update prakiraan cuaca yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kelancaran aktivitas sobat sekalian. Jangan lupa untuk terus pantau informasi terkait iklim, cuaca dan gempa bumi yang selalu kami Perbaharui di lambang website kami di www.bmkg.go.id atau melalui aplikasi info BMKG," tutupnya.
(kri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4489 seconds (10.177#12.26)