Tiba di Bali, Jokowi: ASEAN Harus Jadi Kawasan Damai dan Episentrum Ekonomi Dunia

Minggu, 13 November 2022 - 20:32 WIB
loading...
Tiba di Bali, Jokowi: ASEAN Harus Jadi Kawasan Damai dan Episentrum Ekonomi Dunia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan tiba di Bali untuk memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) beserta rombongan tiba di Bali untuk memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Pesawat Kepresidenan tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, sekitar Pukul 19.20 WIB, Minggu (13/11/2022).

Jokowi diketahui baru saja menyelesaikan perjalanannya menghadiri KTT Ke-40 dan Ke-41 ASEAN serta KTT Terkait lainnya di Kamboja. Tampak pesawat tersebut tertulis Republik Indonesia dengan warna merah dan putih pada bagian badan pesawat.

Sekitar pukul 19.25 WIB Jokowi bersama Ibu Iriana Joko Widodo sudah turun dari pesawat. Presiden Jokowi tampak mengenakan jas biru muda dengan dasi berwarna merah sedangkan Ibu Iriana mengenakan pakaian batik berwarna merah dengan jilbab berwarna putih.

Baca juga: Jokowi Konfirmasi Sekjen PBB Hadir di KTT G20 Bali

Tampak sejumlah pejabat menyambut kedatangan Jokowi di Pulau Bali, di antaranya kepala daerah, pangdam, dan kapolda. Saat berjalan beberapa saat, tampak Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyalami Presiden Jokowi.

Baca juga: Telepon Presiden Komisi Eropa, Jokowi: Sampai Jumpa KTT G20 Bali

Meskipun agak letih setelah berpergian cukup lama di Kamboja, Jokowi tampak dengan ramah dan murah senyum menyalami para pejabat yang menyebutnya di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Jokowi juga terlihat berbincang dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Saya baru saja tiba dari Kamboja, serah terima Ketua ASEAN 2023 telah dilakukan hari ini, dan saat menerima Keketuaan ASEAN, saya menekankan bahwa ASEAN harus semakin kuat sebagai episentrum pertumbuhan dunia," kata Jokowi.

ASEAN juga harus tetap menjadi kawasan damai, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, demokrasi, dan menjunjung tinggi hukum internasional dan tidak menjadi proxy negara manapun, semakin makmur dan maju.

"Terkait kesiapan G20, saya mendapat laporan bahwa semuanya sudah siap, 17 kepala negara hadir, ini sangat menggembirakan di masa sulit seperti saat ini. Apalagi Presiden Joe Biden dan Presiden Xi Jinping akan hadir. Indonesia terus memperjuangkan perdamaian dunia dan menjadi solusi dari berbagai krisis dan pemulihan ekonomi," katanya.

Setelah memberikan keterangan kepada awak media, Jokowi tampak masuk ke mobil kepresidenan dengan pengawalan ketat dari Paspampres.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1975 seconds (11.210#12.26)