Survei Indikator Sebut Masyarakat Ingin Erick Thohir Jadi Ketum PSSI

Minggu, 13 November 2022 - 19:24 WIB
loading...
Survei Indikator Sebut Masyarakat Ingin Erick Thohir Jadi Ketum PSSI
Hasil survei indikantor Politik menyebut masyarakat ingin Erick Thohir menjadi Ketua Umum PSSI. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagian masyarakat menilai Menteri Erick Thohir dianggap paling tepat memimpin PSSI. Ini terlihat dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia dalam survei bertema “Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI" di Jakarta.

Dalam simulasi terhadap delapan nama semi terbuka, tiga nama, hingga dua nama. Erick Thohir selalu menempati posisi tertinggi yang diinginkan responden untuk menjadi Ketua Umum PSSI. "Erick Thohir sebesar 24,1% atau paling banyak dipilih sebagai Ketua Umum PSSI," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Minggu (13/11/2022).

Burhanuddin menyebut mantan Presiden Inter Milan tersebut dinilai sosok yang paling tepat menjadi orang nomor satu di federasi sepakbola Indonesia berdasarkan pilihan tiap kelompok demografi, wilayah, sebagian besar penyuka olah raga, di tiap kelompok penggemar klub domestik, dan sebagian besar kelompok ormas.

Baca juga: Mahfud MD Pastikan Iwan Bule Bakal Mundur Lewat KLB PSSI

Bahkan Burhanuddin mengatakan Erick melampaui tokoh lain seperti Najwa Shihab, Kaesang Pangarep, Mahfud MD, Azrul Ananda, La Nyalla, hingga Ratu Tisha. "Menurut warga, Erick Thohir merupakan tokoh yang paling pantas menjadi Ketua Umum PSSI menggantikan Mochamad Iriawan (Iwan Bule). Erick cukup menonjol dibanding sejumlah nama lain, bahkan dibanding Iwan Bule sendiri," ucapnya.

Baca juga: Nestapa Korban Luka Tragedi Kanjuruhan: Hilang Ingatan dan Trauma Berat

Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Burhanuddin mengatakan penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling.

Dalam survei ini, jumlah sampel sebanyak 1.220 orang berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.220 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1541 seconds (10.55#12.26)