Bareskrim Periksa 3 Pemasok EG dan DEG Penyebab Gagal Ginjal Akut

Selasa, 08 November 2022 - 10:59 WIB
loading...
Bareskrim Periksa 3 Pemasok EG dan DEG Penyebab Gagal Ginjal Akut
Kabag Penum Humas Polri Kombes Nurul Azizah menjelaskan Bareskrim memeriksa tiga perusahaan pemasok EG dan DEG pada obat sirup. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bareskrim Polri akan memeriksa tiga pemasok Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) kepada PT Universal Pharmaceutical Industries (UPI). PT UPI merupakan produsen obat sirup dengan merek Unibebi.

Berdasarkan temuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) obat sirup Unibebi termasuk yang mengandung etilen glikol (EG) melebihi ambang batas aman.

"Tim gabungan Bareskrim Polri juga telah melanjutkan penyelidikan terhadap PT UPI yang merupakan produsen obat sirup dengan merek Unibebi," kata Kabag Penum Humas Polri Kombes Nurul Azizah dalam keterangannya, Rabu (8/11/2022).



Ada pun pemasok EG dan EDG kepada PT UPI adalah PT Logicom Solutions (LS), CV Budiarta (PT BA), dan PT Mega Setia Agung Kimia (MSAK). "Diketahui bahwa bahan baku obat jenis yang digunakan oleh PT UPI didapat dari PT LS, PT BA, dan PT MSAK," ujarnya.

Setelah ini, kata Nurul, pihaknya akan melakukan pengambilan sampel dan melakukan penyelidikan terhadap pemasok bahan baku penyebab gagal ginjal akut tersebut.

"Adapun rencana tindak lanjut adalah melakukan pengambilan sampel dan melakukan penyelidikan terhadap suplaiyer bahan baku," ucapnya.

Untuk diketahui, EG dan EDG merupakan bahan baku yang diduga menjadi penyebab kasus gagal ginjal akut progresif atipikal (GGAPA).



Hingga Minggu 6 November 2022, kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak di Indonesia sudah mencapai 324, dengan sebanyak 195 pasien di antaranya meninggal. Angka tersebut mengacu pada data Kementerian Kesehatan yang terakumulasi dari 28 provinsi.

"(Dari akumulasi di) 28 provinsi dengan jumlah kasus 324. Yang dirawat 27 kasus (atau) yang masih dirawat di rumah sakit di seluruh Indonesia itu ada 27 orang. Yang meninggal 195 (pasien), yang sudah sembuh 102 (pasien)," ungkap juru bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril dalam konferensi pers Update Perkembangan Gangguan Ginjal Akut Pada Anak (AKI) di Indonesia, Senin (7/10/2022).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)