Srikandi Hanura Meriahkan Parade Budaya Nusantara BNPT yang Pecahkan Rekor MURI

Minggu, 06 November 2022 - 20:07 WIB
loading...
Srikandi Hanura Meriahkan Parade Budaya Nusantara BNPT yang Pecahkan Rekor MURI
Pengurus dan anggota Srikandi Hanura ikut berpartisipasi dalam Parade Budaya Nusantara di kawasan Sarinah hingga Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (6/11/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Pengurus dan anggota Srikandi Hanura, organisasi sayap Partai Hati Nurani Rakyat ( Hanura ), ikut berpartisipasi dalam Parade Budaya Nusantara di kawasan Sarinah hingga Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (6/11/2022). Parade yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) itu diikuti oleh ribuan orang peserta dengan menggunakan kebaya.

Pesertanya dari 77 kementerian atau lembaga, 17 perusahaan di bawah Kementerian BUMN, dan 115 komunitas yang berasal dari organisasi masyarakat, kepemudaan, serta organisasi profesi. Parade Budaya Nusantara memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai parade budaya dengan jumlah peserta komunitas terbanyak.

Ketua Umum Srikandi Hanura, Tari Siwi Utami mengungkapkan, pihaknya melakukan persiapan selama tiga minggu untuk mengikuti kegiatan tersebut. "Semangat daripada ibu-ibu komunitas luar biasa, sehingga semuanya bersatu untuk kegiatan pada hari ini," katanya di kawasan Sarinah.

Alasan Srikandi Hanura mengikuti kegiatan tersebut karena ingin menjaga nilai-nilai nasionalisme di tengah masyarakat. "Jadi seluruh anggota Srikandi Hanura harus mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi," katanya.

Sementara itu, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan kegiatan tersebut digelar karena dapat memperkuat budaya Indonesia. Dirinya meyakini Parade Budaya Nusantara dapat mempersempit ruang gerak ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

Dia mengungkapkan bahwa kegiatan ini membuktikan bahwa simbol daerah dari Sabang sampai Merauke ini merupakan satu kesatuan. Maka itu, dirinya mewanti-wanti orang-orang tidak bertanggung jawab yang intoleran untuk tidak mencoba merusak kebudayaan Indonesia.

"Kepada pihak-pihak lain yang mencoba melakukan trans budaya, yang tidak berkepribadian Indonesia untuk tidak mempengaruhi. Apalagi anak bangsa kita dengan hal-hal yang buruk," katanya.
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2299 seconds (10.101#12.26)