Publik Ingin Capres Berkarakter Tegas, Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

Jum'at, 04 November 2022 - 16:16 WIB
loading...
Publik Ingin Capres Berkarakter Tegas, Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies
Survei LSN menyebutkan sebagian besar publik menginginkan capres berkarakter tegas pada Pilpres 2024. Prabowo ungguli Ganjar dan Anies. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Survei Nasional (LSN) mengeluarkan hasil survei yang menyebutkan sebagian besar publik menginginkan calon presiden (capres) berkarakter tegas pada Pemilu 2024. Sejalan dengan itu, elektabilitas Prabowo Subianto pun kokoh di puncak mengungguli di antara tokoh-tokoh lainnya untuk menjadi presiden.

"Hasil survei LSN menunjukkan bahwa sebagian terbesar publik atau 40,4% responden memilih seorang presiden yang memiliki karakter tegas lebih dibutuhkan untuk memimpin Indonesia pasca Presiden Jokowi," kata Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry, Kamis (4/11/2022).

LSN juga menyatakan pilihan publik kini mengerucut kepada tiga nama capres yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Adapun di antara ketiga nama tersebut Prabowo kokoh dipuncak dengan responden pemilih berjumlah 30,2%. "Jika pilpres dilaksanakan saat ini sebanyak 30,2% responden mengaku akan memilih Prabowo lalu 22,5% memilih Ganjar dan 20,8% memilih Anies Baswedan, sementara 26,5% responden memilih tokoh-toko lainnya dan menjawab tidak tahu," jelas dia.



Temuan LSN terkait sebagian besar publik menginginkan calon presiden berkarakter tegas pun divalidasi dengan alasan pada survei yang sama. Pada temuan tersebut juga dijelaskan alasan responden memilih Prabowo Subianto didominasi lantaran karena sosok yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) periode 2019-2024 itu adalah sosok tegas.



"Berdasarkan temuan LSN responden yang menjatuhkan pilihan pada Prabowo sebagian besar 68,5% karena menilai Menhan itu adalah sosok tegas," ungkapnya.

Sebagai informasi, survei LSN ini dilaksanakan pada 29 Oktober-2 November 2022 yang dilakukan di 34 provinsi yang berada di seluruh Indonesia. Survei ini dilaksankana terhadap sebanyak 1.230 responden WNI yang telah berusia 17 tahun (memiliki KTP) dan terdistribusi 50% laki-laki dan 50% perempuan.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)