Malam Ini! Penyelidikan Kasus Obat Sirup Anak Penyebab Gagal Ginjal Akut, di The Prime Show, iNews

Rabu, 02 November 2022 - 12:42 WIB
loading...
Malam Ini! Penyelidikan Kasus Obat Sirup Anak Penyebab Gagal Ginjal Akut, di The Prime Show, iNews
Malam Ini! Penyelidikan Kasus Obat Sirup Anak Penyebab Gagal Ginjal Akut, di The Prime Show, iNews
A A A
JAKARTA - Kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan. Tercatat sudah 269 kasus di 27 provinsi terkonfirmasi GGPA (Gangguan Ginjal Akut Pada Anak), 157 di antaranya meninggal dunia.

Hal ini menjadi tanda tanya besar, mengapa baru sekarang kasusnya melonjak, padahal sebelumnya obat sirup aman-aman saja saat dikonsumsi.

Banyak orang tua pasien gagal ginjal akut berduka. Obat sirup yang seharusnya menyembuhkan, justru malah merenggut nyawa anak-anak mereka. Hal ini terjadi karena buah hati mereka mengonsumsi obat sirup yang mengandung etilen glikol dan dietilen glikol jauh di atas ambang batas.

Kemudian, pihak-pihak terkait malah saling tuding. BPOM mengelak sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kasus ini. Tiga produsen obat sirup yang mengandung etilen glikol dan dietilen glikol dipidanakan BPOM. Sementara itu, produsen obat menuding pemasok bahan baku sebagai penyebab munculnya bahan berbahaya tersebut. Lantas, sebenarnya siapa sajakah pihak yang bertanggung jawab dalam kasus ini?

Kami akan membahasnya dalam dialog utama The Prime Show, bersama sejumlah narasumber yaitu Penny Lukito selaku Kepala BPOM, Syahrul selaku Juru Bicara Kemenkes, Robert Na Endi Jaweng selaku Anggota Ombudsman, Siti Fadilah selaku Mantan Menteri Kesehatan, dan Produsen Obat.

Saksikan selengkapnya hanya di The Prime Show, malam ini (Rabu, 2 November 2022) pukul 21.00 WIB, dipandu oleh host Aprilia Putri, secara LIVE di iNews. Selain itu, dapat disaksikan juga secara streaming di Vision+ dan RCTI+.
(zik)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2852 seconds (11.252#12.26)