Bareskrim Polri Lakukan Gelar Perkara Kasus Gagal Ginjal Akut

Selasa, 01 November 2022 - 12:44 WIB
loading...
Bareskrim Polri Lakukan Gelar Perkara Kasus Gagal Ginjal Akut
Bareskrim Polri melakukan gelar perkara terkait dengan munculnya kasus penyakit gagal ginjal akut terhadap anak-anak di Indonesia. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Bareskrim Polri melakukan gelar perkara terkait dengan munculnya kasus penyakit gagal ginjal akut terhadap anak-anak di Indonesia. Gelar perkara juga akan disertai mendengar keterangan ahli.

"Iya tunggu dulu nanti hasilnya ya biar kita gelar dulu," ujar Dir Tipiter Bareskrim Polri Brigjen Pipit Rismanto di Jakarta, Selasa (1/11/2022). Baca juga: Penyebab Gangguan Ginjal Akut Masih Diteliti Pemerintah



Menurut Pipit, gelar perkara itu nantinya juga akan mendengarkan keterangan ahli terkait dengan munculnya kasus penyakit gagal ginjal akut itu.

"Ini masalahnya kan urusan medis ini di sini kan harus ada ahli. Tidak bisa Dit Tipiter sebagai penyidik terus menjawab tentang medis, itu kan susah," jelas Pipit.

Di sisi lain, Bareskrim menyatakan bahwa akan mengusut tiga perusahaan farmasi terkait penyelidikan munculnya kasus gagal ginjal akut terhadap anak-anak di Indonesia.

"Ada tiga ya sebetulnya ada tiga yah sementara ini ada tiga kan kita mendasari dari obat-obatan produk yang memproduksi itu siapa," ucap Pipit.

Pipit menyebut tiga perusahaan tersebut juga bagian dari yang direkomendasikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Iya satu tambahan. Nanti kepolisian yang akan merilis itu ya tambahannya kan kita harus dalami juga, sedang dalami dulu mohon sabar ya pasti dapat nih nanti kita transparan," jelasnya.

Sebelumnya, BPOM mengumumkan dua perusahaan farmasi yang menyalahi standar dan persyaraktan kemanan, khasiat dan mutu. Dua perusahaan tersebut adalah PT Yarindo Farmatama dan PT Universal Pharmaceutical Industries.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2099 seconds (11.252#12.26)