Mutasi TNI, Ini Daftar Jenderal yang Digeser di Lemhannas dan BIN

Minggu, 30 Oktober 2022 - 09:11 WIB
loading...
Mutasi TNI, Ini Daftar Jenderal yang Digeser di Lemhannas dan BIN
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kembali melakukan perombakan terhadap Pati TNI yang bertugas di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) dan BIN. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kembali melakukan perombakan terhadap perwira tinggi (Pati) TNI . Perombakan terjadi terhadap sejumlah pati yang bertugas di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) dan Badan Intelejen Negara (BIN).

Mutasi beberapa petinggi di dua lembaga tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor KEP/940/IX/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 28 September 2022.

Secara keseluruhan terdapat 110 perwira dari tiga matra yang masuk dalam daftar perombakan jabatan ini. Mereka di antaranya Direktur Telematika pada Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN Brigjen TNI Akhmad Zainul Arifin.

"Brigjen Akhmad Zainul Arifin, jabatan lama Direktur Telematika pada Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN; jabatan sekarang Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Telematika Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN,” bunyi salinan SK Panglima TNI dikutip, Minggu (30/10/2022).

Selanjutnya, Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Non Aparatur Negara Deputi Bidang Pengamanan Aparatur BIN Brigjen TNI Budi Santoso. Oleh Panglima TNI, Budi kini dipercaya sebagai Direktur Perencanaan, Pengendalian Kegiatan dan Operasi pada Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN.

Jenderal Andika juga mengganti sejumlah pati yang berdinas di Lemhannas. Mereka yakni Mayjen TNI R Agus Abdurrauf dimutasi dari Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Kepemimpinan Nasional Lemhannas menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Diropsdik Debid Dik Pimp Tk Nasional Lemhannas Brigjen TNI Purbo Prastowo diangkat menjadi Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Kepemimpinan Nasional Lemhannas. Dengan demikian Purbo akan menggantikan Mayjen Rauf yang berarti dia promosi bintang dua.

Posisi yang ditinggalkan Purbo dipercayakan kepada Pa Sahli Tk II Sosbud Sahli Bidang Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI Laksma TNI Jalasena Satriyawirya. Kemudian, Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Demografi Lemhannas Mayjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun. Sebagai pengganti Kasirun, Jenderal Andika menunjuk Dankodikopsla Kodiklatal Laksma TNI I Wayan Suarjaya sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Demografi Lemhannas.

Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Ketahanan Nasional Lemhannas Marsda TNI Anang Nurhadi juga dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun. Sebagai pengganti, Dirjian Hankam Debit Jianstrat Lemhannas Marsma TNI Haddezul diangkat menjadi Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Ketahanan Nasional Lemhannas.

Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bidang SKA Lemhannas Marsma TNI Rolland Dulista G Waha dimutasi menjadi Dirjian Hankam Debit Jianstrat Lemhannas. Panglima kemudian menunjuk Kapuskodalau Kolonel Pnb Bambang Somantri menjadi Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bidang SKA Lemhannas.

Dengan mutasi ini, Bambang Somantri akan pecah bintang alias menjadi jenderal bintang satu (Marsma). Mutasi juga mencakup Dirsosmed Taplai Debid Taplai Bangsa Lemhannas Brigjen TNI (Mar) Nana Rukmana yang diberikan kepercayaan baru sebagai Dirbinlak Taplai Debid Taplai Bangsa Lemahannas.

Dalam kebijakan pergerseran jabatan ini Jenderal Andika juga merombak besar-besaran pejabat di Kementerian Pertahanan dan Universitas Pertahanan RI (Unhan). Rotasi ini sebagai bagian dinamika tour of duty dan tour of area demi menjawab tantangan ke depan yang semakin kompleks.

Sederet jenderal yang bertugas pada kementerian yang dipimpin Prabowo Subianto itu antara lain Laksamana Pertama (Laksma) TNI Supo Dwi Diantara dari sebelumnya Dir Ren Proggar Renhan Kemhan, diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirjen Renhan Kemhan. Dengan mandat baru ini Supo naik pangkat menjadi Laksda.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)