Mutasi TNI Bergulir Lagi, Giliran Jenderal Lemhannas dan BIN Digeser

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 13:41 WIB
loading...
Mutasi TNI Bergulir Lagi, Giliran Jenderal Lemhannas dan BIN Digeser
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kembali merombak jajarannya. Foto: Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kembali merombak jajarannya. Sejumlah perwira tinggi ( pati ) yang bertugas di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) dan Badan Intelijen Negara (BIN) diganti.

Kebijakan mutasi terbaru itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/940/IX/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Surat tertanggal 28 September 2022 itu ditandatangani Jenderal Andika.

Secara keseluruhan terdapat 110 perwira dari tiga matra yang masuk dalam daftar perombakan jabatan ini. Mereka di antaranya Direktur Telematika pada Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN Brigjen TNI Akhmad Zainul Arifin.

Baca juga: Panglima TNI Mutasi Besar-besaran Anak Buah Prabowo di Kemhan



“Brigjen TNI Akhmad Zainul Arifin, jabatan lama Direktur Telematika pada Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN; jabatan sekarang Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Telematika Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN,” bunyi salinan SK Panglima TNI, dikutip Sabtu (29/10/2022).

Jenderal BIN lainnya yang turut masuk daftar mutasi yakni Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Non Aparatur Negara Deputi Bidang Pengamanan Aparatur BIN Brigjen TNI Budi Santoso. Oleh Panglima TNI, Budi kini dipercaya sebagai Direktur Perencanaan, Pengendalian Kegiatan dan Operasi pada Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN.

Jenderal Andika juga mengganti sejumlah pati yang berdinas di Lemhannas. Mereka yakni Mayjen TNI R Agus Abdurrauf, dimutasi dari Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Kepemimpinan Nasional Lemhannas menjadi pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Selanjutnya Diropsdik Debid Dik Pimp Tk Nasional Lemhannas Brigjen TNI Purbo Prastowo diangkat menjadi Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Kepemimpinan Nasional Lemhannas. Dengan demikian Purbo akan menggantikan Mayjen Rauf, yang berarti dia promosi bintang dua.

Posisi yang ditinggalkan Purbo dipercayakan kepada Pa Sahli Tk II Sosbud Sahli Bidang Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI Laksma TNI Jalasena Satriyawirya. Kemudian, Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Demografi Lemhannas Mayjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2125 seconds (10.55#12.26)