Panglima TNI Mutasi Besar-besaran Anak Buah Prabowo di Kemhan

Minggu, 23 Oktober 2022 - 15:32 WIB
loading...
Panglima TNI Mutasi Besar-besaran Anak Buah Prabowo di Kemhan
Panglima TNI Jenderal Andika Perkas menyematkan empat bintang kehormatan Menhan Prabowo Subianto. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memutasi 110 perwira tinggi dari tiga matra. Sejumlah pejabat Kementerian Pertahanan (Kemhan) masuk dalam daftar mutasi teranyar ini, termasuk mereka yang berdinas di Universitas Pertahanan atau Unhan.

Kebijakan mutasi tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/940/IX/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Surat tertanggal 28 September 2022 itu diteken langsung Jenderal Andika.

Sejumlah pati anak buah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kemhan mendapatkan penugasan baru berdasarkan mutasi ini. Salah satunya Laksamana Pertama (Laksma) TNI Supo Dwi Diantara. "Laksma TNI Supo Dwi Diantara, Dir Ren Proggar Renhan Kemhan, diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirjen Renhan Kemhan," bunyi salinan SK Panglima TNI, dikutip Minggu (23/10/2022).



Dengan mandat baru ini Supo promosi bintang dua. Dengan kata lain, beberapa waktu ke depan bintang emas di pundaknya akan bertambah satu menjadi laksamana muda (laksda). Dirjen Renhan Kemhan sebelumnya diisi Mayjen TNI Budi Prijono.

Selain pejabat utama Kemhan, mutasi juga merombak para pejabat Unhan yang secara teknis fungsional dibina Kemhan. Pati yang mendapatkan penugasan baru antara lain Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Mayjen TNI Susilo Adi Purwantoro.

Susilo dipercaya Jenderal Andika untuk menempati jabatan Wakil Rektor III Bidang Kerja Sama Kelembagaan Unhan. Dia menggantikan Laksda TNI Suhirwan yang dimutasi sebagai dosen tetap Unhan.

Panglima selanjutnya menunjuk Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjamin Mutu (LP3M) Unhan Mayjen TNI Agus Winarna sebagai Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan. Adapun posisi yang ditinggalkan Agus diisi Brigjen TNI Muhammad Fadjar yang sebelumnya menjabat Kasdivif 2 Kostrad. Itu artinya Fadjar akan naik pula bintang dua.

Baca juga: Luar Biasa! Prabowo Terima 4 Bintang Kehormatan Utama, Disematkan Panglima TNI dan Tiga Kepala Staf Angkatan

Di luar pejabat Kemhan, mutasi terbaru ini juga merombak sejumlah pati yang bertugas di BIN, Lemhannas, Kodiklatal dan lainnya. Sebagai contoh di BIN, Direktur Telematika pada Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN Brigjen TNI Akhmad Zainul Arifin dimutasi menjadi Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Telematika Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)