Percepat Kesejahteraan Papua, Wapres: Pendidikan, Kesehatan Jadi Prioritas

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 06:01 WIB
loading...
Percepat Kesejahteraan Papua, Wapres: Pendidikan, Kesehatan Jadi Prioritas
Wapres KH Ma’ruf Amin memprioritaskan pendidikan, kesehatan, dan ketenagakerjaan dalam upaya percepatan kesejahteraan Papua dan Papua Barat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) sekaligus Ketua Tim Pengarah Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) KH Ma’ruf Amin memprioritaskan pendidikan, kesehatan, dan ketenagakerjaan dalam upaya percepatan pembangunan kesejahteraan Papua dan Papua Barat.

Wapres menegaskan dengan dibentuknya Tim BP3OKP, diharapkan dapat mendorong pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua “Kita akan mempercepat pembangunan kesejahteraan di Papua dan kita sedang menyiapkan rencana induk percepatan pembangunan Papua,” ujar Wapres, Jumat (28/10/2022).

Wapres menjelaskan rencana induk percepatan pembangunan di Papua akan memprioritaskan bidang pendidikan, kesehatan, dan ketenagakerjaan. “Ada program-program yang tentu sifatnya itu program yang reguler, ada yang quick win. Jadi, percepatan-percepatan itu ada yang menyangkut masalah pendidikan, kesehatan, dan ketenagakerjaan,” ucapnya.



Wapres menuturkan program yang akan diselenggarakan yaitu pelatihan kepada masyarakat dan juga pemerataan pelayanan dan kesejahteraan di daerah otonomi baru. “Mereka kita buat untuk melakukan pelatihan-pelatihan, pendidikan vokasi. Kemudian juga tentu di daerah otonomi baru supaya pelayanan itu lebih merata,” ungkap Wapres.



Wapres menilai, potensi Papua yang kaya dan beragam sehingga perlu adanya optimalisasi kemajuan Papua yang didukung oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat Papua.

“Jadi, pemerintah pusat itu menggerakkan potensi yang ada di Papua dan diberi dorongan, bantuan, dan kita ingin supaya Papua itu sama dengan provinsi yang lain. Tentu yang kita harapkan adalah juga keamanan yang kondusif, sehingga kesejahteraan bisa kita bangun,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)