Indonesia Gelar Indo Defence 2022, Pameran Industri Pertahanan Terbesar di ASEAN

Kamis, 27 Oktober 2022 - 17:19 WIB
loading...
Indonesia Gelar Indo Defence 2022, Pameran Industri Pertahanan Terbesar di ASEAN
Menhan Prabowo Subianto memparkan tentang Indo Defence 2022 Expo & Forum dalam konferensi pers di Gedung Kemhan, Jakarta Pusat, Kamis (27/10/2022). FOTO/MPI/RIANA RIZKIA
A A A
JAKARTA - Pameran industri pertahanan terbesar se-Asia Tenggara, Indo Defence 2022 Expo & Forum akan digelar pada 2-5 November mendatang. Pameran rencananya diikuti 905 industri pertahanan dari Indonesia dan 59 negara lainnya.

Indo Defence 2022 Expo & Forum hasil kerja sama Kemhan dan PT Napindo Media Ashatama tersebut digelar di tiga lokasi berbeda. Masing-masing di Jiexpo Kemayoran sebagai pusat aktivitas, Pangkalan TNI AL Pondok Dayung, dan Apron Selatan Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdana Kusuma.

Menhan Prabowo Subianto menyampaikan apresiasi tinggi atas penyelenggaraan Indo Defence 2022 setelah tiga tahun tertunda karena pandemi Covid-19.

Baca juga: Dorong Peningkatan Kinerja Pemerintah dan TNI, Prabowo Minta Masukan BPK

"Ini seharusnya kita lakukan 2020, tapi karena pandemi kita tunda hingga 2021, masih Covid, lalu kita tunda lagi sampai 2022 ini. Kita lihat ada kemajuan dan pandemi di Indonesia sudah terkendali dan sudah menuju ke endemi. Jadi kita putuskan untuk menyelenggarakan," kata Prabowo dalam konferensi pers di Gedung Kemhan, Jakarta Pusat, Kamis (27/10/2022).

Prabowo optimistis penyelenggaraan even internasional ini akan dapat meningkatkan produktivitas industri pertahanan dunia, termasuk Indonesia.

Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha menegaskan, Indo Defence 2022 Expo & Forum merupakan salah satu pameran terbesar di dunia karena diikuti oleh hampir semua pelaku industri serta negara produsen peralatan pertahanan terkemuka dunia, termasuk di dalamnya industri pertahanan Indonesia.

"Perhelatan akbar bidang pertahanan ini diproyeksikan menjadi wadah penjajakan pasar dan potensi bisnis yang saling menguntungkan semua pihak," katanya.

Baca juga: Perkuat Industri Pertahanan, RI-Prancis Kerja Sama Pengembangan Kapal Selam

Sementara Managing Director PT Napindo Media Ashatama Arya Seta Wiriadipura menjelaskan, Indo Defence merupakan agenda 2 tahunan. Tahun ini adalah penyelenggaraan ke-9 sejak dimulai pada 2004. "Dalam even ini juga diselenggarakan kegiatan Indo Aerospace yang merupakan penyelenggaraan ke-7 sejak tahun 2008 dan Indo Marine ke-6 sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2010," katanya.

"Pameran dan forum pertahanan ini bertujuan membangun dasar-dasar yang kuat bagi terjalinnya interaksi antara industri pertahanan dalam negeri dengan luar negeri, serta terciptanya kerja sama dan transfer of technology (TOT) dalam Bentuk joint production atau joint development, dengan target pengunjung 30.000 orang," katanya.

Sejumlah agenda kegiatan mewarnai pameran industri pertahanan. Selain live demo di Jlexpo Kemayoran, juga dilaksanakan Forum Diskusi Pertahanan bertajuk Indo Defence Forum, Indo Marine Forum, MRO Forum, dan Space Summit.

"Dengan menghadirkan pakar-pakar di bidang pertahanan sebagai narasumber. Tidak hanya itu, di Indo Defence Expo & Forum tahun ini juga diwarnai kegiatan aircraft display yang akan dilaksanakan di Apron Selatan Lanud Halim Perdana Kusuma dan naval ship display di Dermaga TNI AL Pondok Dayung, yang dapat dihadiri pengunjung umum," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)