Profil Ahmad Heryawan, Elite PKS yang Diusulkan Menjadi Cawapres Anies

Rabu, 26 Oktober 2022 - 09:44 WIB
loading...
Profil Ahmad Heryawan, Elite PKS yang Diusulkan Menjadi Cawapres Anies
Nama Ahmad Heryawan muncul sebagai salah satu calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024. Ahmad Heryawan diusulkan oleh PKS. Foto/Tangkapan layar Instagram @aheryawan
A A A
JAKARTA - Nama Ahmad Heryawan muncul sebagai salah satu calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024. Ahmad Heryawan diusulkan oleh Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ).

Diketahui, setelah Partai Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024, partai yang dipimpin Surya Paloh tersebut berkomunikasi intensif dengan dua partai lainnya, yakni Partai Demokrat dan PKS. Partai Demokrat menawarkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres, sementara PKS mengusulkan Ahmad Heryawan.

"Ya kader PKS ada Kang Aher Gubernur Jawa Barat dua periode dengan banyak prestasi," kata Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri saat dihubungi wartawan, Jumat (7/10/2022).

Partai Demokrat tidak mempermasalahkan PKS yang mengusung Aher sebagai calon pendamping Anies. "Demokrat menghormati dan menyambut baik pencawapresan Aher sebagai Cawapres PKS," kata Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra dalam keterangannya, Selasa (25/10/2022).



Menurut Herzaky, hal itu merupakan kedaulatan PKS sebagai partai yang mandiri dan independen. Sehingga, ia beranggapan apa yang dilakukan merupakan hal yang wajar saja dalam menyikapi Pilpres 2024.

"PKS tentunya juga ingin mendapatkan efek elektoral dari pencawapresan Pak Ahmad Heryawan. Dengan naiknya elektoral parpol pengusung, bisa memberikan dampak penguatan di parlemen," ujarnya.

Deputi Analisa Data dan Informasi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution pun tak mempermasalahkan PKS mengusulkan Aher sebagai cawapres.

Dia menekankan, dengan makin meningkatnya elektabilitas ketiga parpol di Koalisi Perubahan dan Perbaikan, peluang Demokrat dan PKS menempatkan kader terbaiknya sebagai cawapres bisa dikatakan telah mendekati kepastian.

"Capres dan cawapres yang didukung Demokrat, Nasdem, dan PKS berpeluang memenangkan Pilpres 2024 dengan besarnya perolehan suara koalisi ditambah dukungan suara publik yang menginginkan arus perubahan," ujarnya, Selasa (25/10/2022).

Lalu, siapa Ahmad Heryawan? Politikus yang akrab disapa Kang Aher tersebut lahir di Sukabumi, Jawa Barat, 19 Juni 1966.

Aher menempuh pendidikan SD, SMP, dan SMA di Sukabumi. Dia kemudian kuliah di Fakultas Syariah Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA), Jakarta (1992). Aher kemudian menempuh pendidikan Pascasarjana di Ekonomi Sumber Daya dan Lingkungan, Institut Pertanian Bogor (2014).

Aher juga meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen dan Bisnis, Universitas Padjadjaran (2018). Disertasinya berjudul "Model Keberlanjutan Bisnis di Daerah Aliran Sungai Citarum, Indonesia".



Di dunia politik, Aher bukanlah orang baru. Pada awal Reformasi hingga 2008, dia menjadi anggota DPRD DKI Jakarta. Posisi terakhirnya adalah Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.

Aher kemudian bertarung di Pilkada Jawa Barat pada 2008. Suami dari Netty Prasetiyani ini pun terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat dua periode yakni pada 2008-2013 dan 2013-2018. Saat ini, Aher menjabat Wakil Ketua Majelis Syura PKS.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)