Ingatkan Bawahan, Kapolri: Hindari Penggunaan Mobil Mewah, Bukan Waktunya Pamer

Senin, 24 Oktober 2022 - 14:35 WIB
loading...
Ingatkan Bawahan, Kapolri: Hindari Penggunaan Mobil Mewah, Bukan Waktunya Pamer
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengingatkan seluruh jajaran kepolisian tampil sederhana serta tidak menampilkan gaya hidup yang mewah atau hedon. Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengingatkan kepada seluruh jajaran Kepolisian untuk tampil sederhana serta tidak menampilkan gaya hidup yang mewah atau hedon. Di antaranya menghindari penggunaan mobil mewah dan motor gede (moge).

Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata Kapolri , sudah memberikan pengarahannya untuk setiap anggota kepolisian maupun keluarga menampilkan gaya hidup mewah.

"Terkait dengan gaya hidup mewah Pak Presiden juga sudah betul-betul memberikan penjelasan secara gamblang. Saya kira masalah kebiasaan-kebiasaan, menggunakan mobil-mobil bagus, motor gede, situasinya lagi tidak baik," kataKapolri dalam tayangan video yang dilihat di akun Instagram @ListyoSigitPrabowo, Senin (24/10/2022).

Baca juga: Kapolri Instruksikan Jajarannya Stop Pungli

Kapolrimenyadari, beberapa anggota polisi memang memiliki latar belakang keluarga yang ada. Namun untuk saat ini, situasinya tidak mendukung untuk memamerkan gaya hidup yang mewah.

"Saya tahu mungkin keluarga rekan-rekan juga berangkat dari orang berada tapi saat ini bukan waktunya untuk untuk dipamer-pamerkan," ujar Kapolri.

Dengan tidak memamerkan gaya hidup hedon, Kapolri menyebut, setiap personel kepolisian harus mampu menampilkan kehidupan sederhana baik dalam bertugas maupun menjalani kehidupan sehari-harinya.

Kapolripun menyatakan, Polri sudah menerbitkan surat telegram soal larangan menampilkan gaya hidup mewah. Sigit pun menyampaikan, seluruh jajaran kepolisian harus peka dengan situasi sekitar yang ada.

"Dalam hubungan Forkopimda sesuaikan saja dengan yang lain. Misalkan, bupati pakai Innova ya jangan kita pakai mobil yang lebih baik dari itu. Samakan saja. Apalagi pada saat melaksanakan dinas disesuaikan. Kapolres seperti apa, Kapolda seperti apa, Kapolsek seperti apa, sehingga kemudian kita tidak terlihat mencolok karena berbeda dan itu dianggap menjadi hal-hal yang kemudian dianggap itu hedonis," papar Sigit.



Sigit menyadari, perubahan seperti ini memang tidak mudah seperti membalikan telapak tangan. Namun, harus dilakukan demi kebaikan institusi Polri ke depannya.

"Memang sulit tapi harus kita lakukan. Ingatkan keluarga kita kerena memang apapun yang terjadi dengan keluarga kita sorotannya tetap kepada anggota Polri sorotannya terhadap institusi Polri," tutup Kapolri.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)