3 Pejabat Negara Komunis yang Mendapat Bintang Republik Indonesia Adipurna, Nomor 2 Kakek Kim Jong-un

Minggu, 23 Oktober 2022 - 14:12 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Arti dan Sejarah Simbol Palu Arit dalam Lambang Komunis

2. Kim Il-sung
3 Pejabat Negara Komunis yang Mendapat Bintang Republik Indonesia Adipurna, Nomor 2 Kakek Kim Jong-un


Kim Il-sung merupakan mantan Presiden dari Korea Utara. Selain itu, dia juga diketahui sebagai kakek dari pemimpin Korut saat ini, yakni Kim Jong-un.

Dikutip dari laman Independent Observer, Kim Il-sung yang kala itu masih menjabat Perdana Menteri Korea Utara menyambangi Indonesia pada 10 April 1965. Dalam kunjungannya, dia ditemani beberapa pejabat lain termasuk Menteri Luar Negeri Korut dan putranya yang bernama Kim Jong-il.

Dalam kunjungan bersejarah ini, Presiden Soekarno mempersembahkan kepada Kim Il-Sung Bintang Republik Indonesia Kelas I (Adipurna) dan Menteri Luar Negeri Korea Utara Pak Song Chol dengan Bintang Republik Kelas II. Sementara, pejabat Korut lainnya juga diberikan Bintang Mahaputera Kelas II.

3. Leonid Brezhnev
3 Pejabat Negara Komunis yang Mendapat Bintang Republik Indonesia Adipurna, Nomor 2 Kakek Kim Jong-un


Leonid Brezhnev merupakan seorang politikus Uni Soviet yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet serta Ketua Presidium Majelis Agung. Mengutip informasi dari laman Trace of War, dari sekian banyak penghargaan dan bintang tanda jasa yang dimiliki, Leonid Brezhnev juga pernah mendapatkan Bintang Republik Indonesia Adipurna, tepatnya pada tahun 1961.

Dikutip dari laman Museum Militer, pada 1961 Presiden Soekarno melakukan kunjungan ke Negeri Tirai Besi untuk mempererat hubungan kedua negara. Pada kesempatan tersebut, Proklamator Indonesia ini memberi sejumlah Bintang Republik Indonesia.

Pertama, untuk Yuri Gagarin Bintang Republik Indonesia Kelas II. Kemudian, Leonid Brezhnev yang kala menjabat Ketua Presidium Tertinggi Uni Soviet juga diberikan Bintang Republik Indonesia Kelas I (Adipurna). Sebagai balasannya, Presiden Soekarno juga diberikan Orden Lenina.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)