3 Pejabat Negara Komunis yang Mendapat Bintang Republik Indonesia Adipurna, Nomor 2 Kakek Kim Jong-un

Minggu, 23 Oktober 2022 - 14:12 WIB
loading...
3 Pejabat Negara Komunis yang Mendapat Bintang Republik Indonesia Adipurna, Nomor 2 Kakek Kim Jong-un
Fidel Castro, Kim Il-sung, dan Leonid Brezhnev pernah dianugerahi Bintang Republik Indonesia Adipurna. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Sejumlah pejabat negara komunis di dunia tercatat pernah mendapatkan penghargaan Bintang Republik Indonesia Adipurna. Mereka berasal dari negara Kuba, Uni Soviet, dan Korea Utara.

Mengutip situs resmi Perpustakaan Nasional (Perpurnas), Bintang Republik Indonesia Adipurna merupakan Bintang Republik Indonesia kelas I. Bintang ini adalah tanda kehormatan tertinggi dan diberikan untuk menghargai mereka yang secara luar biasa menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bintang Republik Indonesia Adipurna berbentuk selempang yang dikenakan dari pundak kanan ke pinggang kiri, sehingga bintang terletak di pinggang kiri. Penerima penghargaan juga mendapatkan patra yang dipakai di dada kiri pada saku di bawah kancing baju, miniatur yang dipakai pada lidah baju, dan piagam sebagai tanda pemberian bintang ini.

Baca juga: Kongres Partai Komunis China Berakhir, Xi Jinping Jabat 3 Periode

Lalu siapa saja mereka? Berikut ini 3 pejabat negara komunis yang mendapat Bintang Republik Indonesia Adipurna:

1. Fidel Castro
3 Pejabat Negara Komunis yang Mendapat Bintang Republik Indonesia Adipurna, Nomor 2 Kakek Kim Jong-un


Dalam riwayatnya, Fidel Castro dikenal sebagai pejuang revolusi di Kuba. Pada akhirnya, perjuangan yang dilakukannya membuahkan hasil dan menjadikannya sebagai pemimpin negara tersebut.

Sebagai pemimpin Kuba, Fidel Castro juga kerap disebut memiliki hubungan erat dengan Presiden pertama RI, yaitu Soekarno. Mengutip informasi dari laman Representaciones Diplomaticas De Cuba El Exterior, Soekarno menjadi Kepala Negara pertama yang mengunjungi Kuba setelah kemenangan revolusinya.

Sekitar 1960, Bung Karno tiba di Bandara Havana dan langsung disambut oleh Fidel Castro. Selama kunjungan bersejarah ini, kedua pemimpin ini memiliki beberapa pandangan yang sama, yakni tentang prinsip kemerdekaan dan antiimperialis.

Sebagai simbol persahabatan, Soekarno memberikan sebuah keris serta menganugerahinya dua penghargaan tertinggi di Indonesia, yaitu Bintang Republik Indonesia Kelas I (Adipurna) dan Bintang Persahabatan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1900 seconds (11.97#12.26)