Ini 4 Polwan Berpangkat Jenderal Bintang Dua, Terakhir Anggota TGIPF Kanjuruhan

Kamis, 20 Oktober 2022 - 13:14 WIB
loading...
A A A
Irjen Pol (Purn) Juansih dikenal sebagai polwan pertama yang berhasil meraih gelar doktor di Korps Bhayangkara Polri. Dikutip dari pemberitaan Sindonews, perempuan kelahiran 2 Agustus 1964 ini mengawali kariernya di kepolisian sebagai Inspektur Muda pada 1990.

Seiring waktu, Juansih memiliki jenjang karier yang terbilang cukup moncer. Tercatat beberapa jabatan strategis pernah ditempatinya. Sebut saja seperti Kapolres Surabaya Timur (2005), Kapolres Batu (2007), Karo Pers Polda Banten (2009), Karosarpras Polda Jatim (2011), Kabidjemen Sespim Lemdikpol Polri (2015), Karojianbang Lemdiklat Polri (2021), hingga Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri (2021).

Beberapa bulan yang lalu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi dan mutasi terhadap Perwira Tinggi dan Menengah di Polri. Salah satu di antaranya adalah kenaikan pangkat yang didapat Juansih menjadi Inspektur Jenderal (Irjen).

Terakhir, melalui surat telegram nomor: ST/2046/IX/KEP./2022 per tanggal 24 September 2022, Irjen Juansih yang kala itu menjabat Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri dimutasi menjadi Pati Lemdiklat Polri (dalam rangka pensiun).

4. Irjen Pol (Purn) Sri Handayani

Berikutnya ada Irjen Pol (Purn) Sri Handayani. Dalam riwayatnya di dunia kepolisian, purnawirawan polwan berpangkat Jenderal bintang dua ini memiliki karier yang cukup mentereng.

Tercatat, Sri Handayani pernah menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Barat, Wakapolres Metro Jakarta Selatan, hingga Kapolres Sragen. Selain itu, dia juga menjadi polwan pertama yang menempati posisi Kepala Sekolah Pembentukan Perwira (Kasetukpa) Lemdiklat Polri.

Dalam perjalanan kariernya, Sri Handayani mendapat kenaikan pangkat dari Kapolri Idham Azis menjadi seorang Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) pada tahun 2020. Sebelum pensiun, dia sempat menjabat Widyaiswara Sespim Lemdiklat Polri.

Terbaru, Irjen Pol (Purn) Sri Handayani juga terpilih sebagai salah satu anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan.

Demikian ulasan mengenai deretan polwan berpangkat Jenderal bintang dua di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2395 seconds (0.1#10.140)