Alarm Bersama dari Maraknya Banjir-Longsor

Kamis, 20 Oktober 2022 - 13:07 WIB
loading...
A A A
Demikian juga soal pohon rapuh dan tua, jika dikontrol rutin tentu musibah bisa dicegah. Lagi-lagi, ini jika memang perlu dipikirkan secara komprehensif dan serius.

Kasus-kasus bencana di Oktober ini harus jadi alarm bersama kita. Berpijak pada kasus-kasus itu, ada beberapa langkah yang tidak boleh diremehkan sebagai antisipasi bencana dan meminimalisasi risiko dampak. Yakni dengan memperkuat mitigasi. Penguatan ini dari hulu sampai hilir.

BMKG sudah jauh-jauh hari membuat prediksi bencana. Namun, prediksi harus dikomunikasikan segera dengan aksi-aksi nyata di lapangan, bukan sekadar rapat dan pemetaan semata.

Kemudian membenahi infrastruktur demi mengurangi dampak bencana. Langkah ini memang butuh perencanaan, pembiayaan dan perumusan kebijakan yang matang. Namun, sudah saatnya kebijakan pemerintah yang sadar akan bencana harus diprioritaskan agar tidak menyesal kemudian.

Terakhir adalah meningkatkan kesadaran dan sikap tanggap masyarakat akan bencana. Lewat kesadaran bersama (collective consciousness) ini akan terbangun representasi tata kelola penanganan bencana yang lebih komprehensif.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)