Survei, Prabowo Menang Telak jika Dipasangkan dengan Erick Thohir

Rabu, 19 Oktober 2022 - 19:10 WIB
loading...
Survei, Prabowo Menang Telak jika Dipasangkan dengan Erick Thohir
Sosok Prabowo Subianto diprediksi menang telak jika dipasangkan dengan Erick Thohir. Seperti hasil survei yang dilakukan Indonesia Polling Stations (IPS). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Sosok Prabowo Subianto diprediksi menang telak jika dipasangkan dengan Erick Thohir. Hal itu seperti hasil survei yang dilakukan Indonesia Polling Stations (IPS).

Survei IPS kali ini dilakukan pada tanggal 7 sampai 17 Oktober 2022 di 34 provinsi di seluruh wilayah Indonesia. Dalam survei itu, IPS membuat simulasi dengan menawarkan sejumlah pasangan capres dan cawapres untuk dinilai publik.

Untuk posisi calon presiden (capres) 2024 diasumsikan terdiri dari tiga tokoh yang selama ini selalu mendominasi rating survei berbagai lembaga riset mainstream yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Baca juga: Survei Capres IPS: 62,1% Mayoritas Publik Masih Memilih Prabowo

Adapun posisi calon wakil presiden (cawapres) terdiri dari sejumlah tokoh juga yang paling realistis diusung oleh koalisi partai dan sering muncul dalam papan survei.

Mereka adalah Erick Thohir, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Puan Maharani, Sandiaga Uno, Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskandar, dan Moeldoko.

Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto mengatakan, untuk Capres Prabowo Subianto, ketika disimulasikan berpasangan dengan sejumlah nama cawapres tersebut, ternyata nama Erick Thohir dinilai publik sebagai pasangan paling ideal Prabowo Subianto.

"Kendati, berpasangan dengan siapapun elektabilitas Prabowo tetap tinggi dan berpeluang memenangkan Pilpres 2024, tetapi pasangan Prabowo-Erick terbukti paling banyak disukai publik dibandingkan pasangan manapun," kata Alfin Sugianto.

"Ketika IPS menanyakan kepada responden apakah suka atau kurang suka terhadap Prabowo-Erick sebagai pasangan capres-cawapres periode 2024-2029, sebanyak 62,5 persen mengaku suka," tambahnya.

Selain Erick Thohir jelas dia, tokoh lain yang juga diterima publik cukup signifikan adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Tingkat akseptabilitas pasangan Prabowo-Ridwan Kamil di angka 60,8 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)