5 Komandan Kopassus Termuda Sepanjang Sejarah, Terakhir Usianya 31 Tahun

Selasa, 18 Oktober 2022 - 21:04 WIB
loading...
5 Komandan Kopassus Termuda Sepanjang Sejarah, Terakhir Usianya 31 Tahun
Terdapat sejumlah komandan kopassus termuda yang bisa diketahui. Salah satunya Kaharuddin Nasution. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah komandan kopassus termuda yang bisa diketahui. Mereka adalah orang-orang pilihan yang dipercaya memimpin pasukan khusus milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) tersebut.

Dilansir dari tni.mil.id, dalam struktur organisasinya, satuan kopassus dipimpin oleh seorang Mayor Jenderal TNI AD yang menjadi Komandan Jenderal (Danjen) dan bertanggung jawab langsung pada Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

Dalam sejarahnya selain memiliki beberapa nama mentereng, seorang Danjen Kopassus juga ada yang pernah menjabat di usianya yang masih muda. Rata-rata usia Danjen Kopassus yang menjabat beberapa tahun terakhir ialah sekitar 40 hingga 50 tahun. Namun dalam daftar di bawah ini bahkan belum mencapai usia 40 tahun.

Baca juga : Mengenal RPKAD, Cikal Bakal Kopassus

Berikut lima komandan kopassus termuda sepanjang sejarah :

1. Jenderal TNI (Purn.) Widjojo Soejono

Purnawirawan Jenderal Bintang empat ini lahir pada 9 Mei 1928 dan menjabat sebagai Danjen Kopassus di tahun 1967. Saat itu Widjojo Soejono masih berusia 39 tahun di awal masa jabatannya.

Pria asal Tulungagung ini menjabat sebagai Danjen Kopassus selama tiga tahun sampai 1970. Sebelum pensiun jabatan terakhirnya adalah Kepala Staf Kopkamtib pada tahun 1980 hingga 1982.

Widjojo Soejono tutup usi pada 11 Mei 2022 di usia yang ke 94 tahun. Dia dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama, Kalibata Jakarta Selatan.

2. Letnan Jenderal TNI (Purn.) Sarwo Edhie Wibowo
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7108 seconds (0.1#10.140)