Susi Pudjiastuti, Pengepul Ikan yang Jadi Menteri Perikanan

Senin, 27 Oktober 2014 - 09:05 WIB
Susi Pudjiastuti, Pengepul Ikan yang Jadi Menteri Perikanan
Susi Pudjiastuti, Pengepul Ikan yang Jadi Menteri Perikanan
A A A
JAKARTA - Susi Pudjiastuti terpilih menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja 2014-2019 yang diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi menyebut Susi sebagai sosok ulet yang mulai bekerja sebagai pengepul ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pangandaran.

Seperti dikutip dari Wikipedia, Susi adalah Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang bergerak dalam bidang ekspor hasil-hasil perikanan dan Susi Air. Wanita kelahiran Pangandaran, 15 Januari 1965, itu mengawali profesinya sebagai pengepul ikan di Pangandaran.

Bisnis ini yang kemudian menjadi cikal bakal dari PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Salah satu produk andalannya adalah lobster yang diberi merek Susi Brand.

Setelah itu, Susi bertemu dengan suaminya, Christian von Strombeck, seorang warga Jerman yang lama bekerja sebagai mekanik pesawat dan pilot di Indonesia. Dari situ, Susi kemudian mendirikan Susi Air.

Hingga awal tahun 2012, Susi Air memiliki 32 pesawat dengan berbagai tipe seperti Cessna Grand Caravan, sembilan Pilatus PC-06 Porter dan tiga Piaggio P180 Avanti. Susi Air mempekerjakan 180 pilot, dengan 175 di antaranya merupakan pilot asing.

Dengan jaringan transportasi pesawat terbang itu, Susi juga mengirimkan ikan dan lobster andalannya langsung ke pelanggan di Jakarta hingga Jepang. Sehingga, barang dapat diterima pelanggan dalam kondisi masih segar.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3867 seconds (0.1#10.140)