Bangkitkan UMKM, Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022 Digelar Akhir November

Senin, 17 Oktober 2022 - 17:28 WIB
loading...
Bangkitkan UMKM, Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022 Digelar Akhir November
Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022 bakal digelar di Yogyakarta pada akhir November mendatang. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Pengurus Pusat Andalan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (BPP AKU) menggelar Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022. Acara yang digelar di lapangan Denggung, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta berlangsung pada 24-26 November 2022.

Ketua Pengarah BPP AKU GKR Mangkubumi menjelaskan, kegiatan ini mengusung konsep pameran dan gelar dagang yang menyatukan pelaku UMKM, UKM, bisnis, industri pelaku usaha nasional, exportir dalam satu lokasi.

Rencananya Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022 akan dihadiri Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri Indonesia Anindya Bakrie, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto.

Baca juga: Hadapi Potensi Resesi Gelap di 2023, Sandiaga Uno: Kuatkan UMKM dan Kolaborasi

Selain pengenalan dan perluasan dalam bidang perdagangan, diharapkan acara ini juga dapat mengekspos berbagai bidang lain seperti kuliner, budaya, kerajinan dan wisata di Daerah Istimewa Yogyakarata.

Baca juga: Jokowi Pacu Perkembangan UMKM Dorong Akselerasi Program KUR

“Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022 ini adalah Jambore kedua yang pernah kami laksanakan. Lima tahun lalu, tepatnya Bulan April 2017, di Yogyakarta, kami juga pernah melaksanakan Jambore kewirausahaan yang menghadirkan lebih dari 8.000 pelaku usaha ekonomi keluarga se-Jawa dan Bali,” kata GKR Mangkubumi, Senin (17/10/2022).

Jambore kali ini diselenggarakan sebagai upaya untuk menghadirkan media silaturahmi, konsolidasi, dan kolaborasi yang konkret bagi para pelaku usaha mikro kecil khususnya, dengan para pelaku usaha senior yang telah merengkuh kesuksesan dalam berbisnis.

“Kepada para pendamping, tokoh dan pemerhati, lembaga intermediasi, pemerintah dan pihak lain yang peduli dengan UMKM, agar mereka yang selama ini bertahan dalam keterbatasan dan pembatasan di era pandemi, kembali meningkat semangatnya, motivasinya, harga dirinya, dan tentunya kapasitas dan kompetensinya guna menyongsong kompetisi di era endemi nanti. Saya GKR Mangkubumi, selaku Ketua Pengarah Kegiatan Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022 mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga UMKM Makin Tangguh, Indonesia Bangkit Lebih Cepat,” ucapnya.

Kegiatan dalam pameran terdiri dari seremoni pembukaan, pameran dan gelar dagang. Selain itu juga dilengkapi dengan kegiatan hiburan, musik, lomba, seni, seminar, pasar rakyat, kuliner dan berbagai kegiatan pendukung lainnya.

Peserta Pameran terdiri dari UMKM dan UKM, lembaga dan instansi pemerintah, kementerian, BUMN dan BUMD, pelaku usaha dan industri. ”Target pengunjung menyasar masyarakat umum, undangan, instansi pemerintah, pejabat dan tokoh masyarakat, pelaku usaha nasional dan daerah, juga pelajar dan mahasiswa,” ucapnya.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4897 seconds (11.252#12.26)