Anies Lebih Leluasa Bergerak Hadapi Pilpres 2024 Setelah Tak Lagi Menjadi Gubernur

Minggu, 16 Oktober 2022 - 17:26 WIB
loading...
Anies Lebih Leluasa Bergerak Hadapi Pilpres 2024 Setelah Tak Lagi Menjadi Gubernur
Anies Baswedan dinilai akan lebih leluasa bergerak hadapi Pilpres 2024 setelah tak lagi menjadi gubernur. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Setelah tak lagi menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan lebih leluasa bergerak menghadapi Pilpres 2024 . Keberhasilan Anies dalam memimpin Jakarta bisa menjadi political branding.

Menurut Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie, setelah tidak lagi menjabat gubernur memang menjadi tantangan tersendiri bagi Anies menuju Pilpres 2024. "Tapi ada keuntungan yakni beliau lebih leluasa bergerak dan promosi ke daerah-daerah," ujar Jerry kepada SINDOnews, Minggu (16/10/2022).

Jerry menambahkan, sejumlah capaian Anies dalam memimpin Jakarta selama lima tahun bisa menjadi sesuatu yang dijual kepada para pemilih di seluruh Indonesia. "Puluhan keberhasilan Anies akan menjadi political branding dan branding image," katanya.

Di mata Jerry, dari sisi urban city atau tata kota, kinerja Anies sangat baik. Menurutnya, Anies melakukan penataan jalan, taman, drainase, mengubah tempat kumuh menjadi layak huni, hingga membangun rusun atau rusunawa.

Lihat juga: Potret Pencapaian Anies Baswedan 5 Tahun Membangun Jakarta

Selain membangun Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Anies tak melupakan warga sekitar JIS. Terbukti, Anies yang telah dideklarasikan sebagai calon presiden oleh Partai Nasdem ini membangun Kampung Susun Bayam , yang menjadi hunian bagi warga sekitar JIS.

"Saya nilai dalam pemikiran Anies saat memimpin Jakarfa yakni how to build Jakarta dan how to prosper Jakarta (bagaimana membangun Jakarta dan bagaimana membuat kesejahteraan di Jakarta). Konsep dia untuk Indonesia juga identik membangun Jakarta," kata Jerry.



Diketahui, masa jabatan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta berakhir 16 Oktober 2022 ini. Pada hari ini, Anies bersama wakilnya, Ahmad Riza Patria menghadiri acara "Terima kasih Jakarta" di Balai Kota Jakarta. Anies mengungkapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Jakarta atas amanat yang diberikan untuk memimpin wilayah ini sejak 2017.



"Pada hari terakhir masa tugas kami di sini, izinkan saya menyampaikan dengan lantang dari lubuk hati yang terdalam, terima kasih Jakarta. Terima kasih atas amanat yang diembankan, terima kasih kepercayaan yang disematkan, terima kasih atas dukungan yang diberikan, terima kasih atas kerja yang disumbangkan, terima kasih atas kritik yang dikirimkan, terima kasih atas doa dari tempat sunyi yang penampakan (wujud)-nya tidak pernah kita lihat wajahnya. Terima kasih kepada semua," kata Anies.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0991 seconds (0.1#10.140)