Mengenal Bareskrim yang Lagi Usut Kasus Jet Pribadi Hendra Kurniawan

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 05:36 WIB
loading...
Mengenal Bareskrim yang Lagi Usut Kasus Jet Pribadi Hendra Kurniawan
Badan Reserse Kriminal atau Bareskrim Polri tengah mengusut dugaan korupsi penggunaan pesawat jet pribadi oleh Brigjen Pol Hendra Kurniawan. Foto: Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Reserse Kriminal atau Bareskrim Polri tengah mengusut dugaan korupsi penggunaan pesawat jet pribadi oleh Brigjen Pol Hendra Kurniawan . Hendra adalah salah satu tersangka obstruction of justice atau menghalang-halangi proses hukum kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Pesawat jet pribadi itu dipakai Hendra Kurniawan ke Jambi untuk menemui keluarga Brigadir J. Saat itu, Hendra Kurniawan menjabat sebagai Kepala Biro (Karo) Pengamanan Internal (Paminal) Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri, atau anak buah Ferdy Sambo.

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri sudah memeriksa Hendra Kurniawan terkait kasus itu pada Jumat 7 Oktober 2022. Nah, SINDOnews kali ini mengulas mengenai Bareskrim Polri.





Kantor Bareskrim berada di dalam Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Memiliki moto “Sidik Sakti Indera Waspada”, Bareskrim dibentuk pada 1946.

Berdasarkan informasi di laman humas.polri.go.id mengenai struktur organisasi Polri, Bareskrim merupakan salah satu unsur pelaksana tugas pokok Polri di tingkat markas besar (mabes). Dilansir dari laman tribratanews.polri.go.id, Bareskrim memiliki tugas membina dan menyelenggarakan fungsi penyelidikan dan penyidikan tindak pidana, termasuk fungsi identifikasi dan fungsi laboratorium forensik dalam rangka penegakan hukum.

Bareskrim dipimpin oleh seorang jenderal bintang tiga. Saat ini, Kepala Bareskrim atau Kabareskrim Polri dijabat oleh Komjen Pol Agus Andrianto.

Masih dari laman humas.polri.go.id mengenai struktur organisasi Polri, terdapat empat biro di dalam Bareskrim Polri, yakni Biro Perencanaan dan Administrasi (Rorenmin), Biro Pembinaan Operasional (Robinopsnal), Biro Pengawas Penyidikan (Rowassidik), dan Biro Koordinasi dan Pengawasan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (Rokorwas PPNS).

Selain itu, terdapat lima direktorat di dalam Bareskrim, yakni Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum), Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor), Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittidnarkoba), Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter), dan Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber).

Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor), Pusat Informasi Kriminal Nasional (Pusiknas), dan Pusat Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Pusinafis) juga ada di dalam Bareskrim Polri.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)