Siap Mati untuk PDIP, Siapa Jenderal TNI Ganip Warsito?

Senin, 10 Oktober 2022 - 12:35 WIB
loading...
A A A
Sejumlah jabatan lain yang pernah diemban Ganip di antaranya, Kasidikpa Pers Pussenif, Pabandyaops Sops Kodam IX/Udayana, Danyonif 741/Satya Bhakti Wirottama, Dandim 1605/Belu, dan Wakil Komandan (Wadan) Rindam IX/Udayana.

Jabatan Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasdam IX/Udayana juga pernah diemban Ganip. Kemudian, Ganip diangkat menjadi Komandan Brigif 7/Rimba Raya pada 2009. Lalu, Ganip diangkat menjadi Komandan Rindam (Danrindam) Jaya/Jayakarta pada 2010.

Selain itu, Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma dan Komandan Korps Siswa Sesko Angkatan Darat (Dankorsis Seskoad) juga pernah dijabat oleh Ganip. Usai mengikuti pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Ganip ditunjuk menjadi Komandan Pusat Latihan Tempur (Danpuslatpur) Kodiklat TNI AD periode 2013-2014.

Pemegang tanda jasa Bintang Dharma ini juga pernah menjabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Pangdam XIII/Merdeka, dan Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI. “Bergabung purnawirawan TNI/Polri di partai politik merupakan hal biasa selama ini sering terjadi di politik Indonesia,” kata Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro kepada SINDOnews, Senin (10/10/2022).

Bawono Kumoro mengatakan partai politik (parpol) menggangap kehadiran dari para purnawirawan TNI/Polri menambah nilai gengsi mereka sebagai sebuah partai politik karena purnawirawan TNI/Polri memiliki pengalaman panjang dan juga pengaruh besar.

“Sedangkan bagi purnawirawan TNI/Polri itu sendiri dengan bergabung di partai politik mereka memiliki lahan pengabdian baru dan juga tempat untuk mencapai karier lebih tinggi lagi selepas dari dinas ketentaraan,” pungkasnya.
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)