Pengertian Orde Lama, Orde Baru, dan Reformasi

Senin, 10 Oktober 2022 - 12:18 WIB
loading...
A A A
2. Era Orde Baru
Pemerintahan Orde Baru muncul setelah keluarnya surat perintah 11 Maret 1966 atau dikenal Supersemar. Soeharto diangkat menjadi Presiden Indonesia menggantikan Soekarno. Orde Baru berlansung selama 32 tahun, dari 1966 hingga 1998.

Penamaan Orde Baru untuk membedakan dengan era sebelumnya, Orde Lama. Pada era ini, sistem pemerintahan Indonesia masih menggunakan presidensial, di mana keputusan mutlak ada di tangan presiden, serta memiliki bentuk pemerintah yaitu republik. Pada era ini pula dasar konstitusi negara Indonesia adalah UUD 1945.

Terjadi kemajuan pesat di Indonesia dalam pembangunan selama Orde Baru. Pemerintahan Presiden Soeharto menekankan stabilitas nasional, baik dalam program politik, rehabilitas ekonomi, serta berkepribadian dan fokus pada bidang sosial budaya. Hasilnya bisa dirasakan masyarakat seperti inflasi turun dan mata uang Indonesia menjadi lebih stabil.

Namun dalam perkembangannya, kekuasaan sepenuhnya berada di tangan Presiden Soeharto. Akibatnya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) tumbuh subur di era Orde Baru. Hingga akhirnya terjadi krisis moneter yang memicu kerusuhan pada 1997.

Tekanan rakyat yang begitu kuat, akhirnya berhasil mendorong Presiden Soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998. Rakyat menginginkan perubahan dalam sistem pemerintah, sehingga lahirnya era Reformasi.

3. Reformasi
Era Reformasi dimulai pada 1998, tepatnya setelah Soeharto mundur dari jabatan Presiden RI yang telah diemban selama 32 tahun. Era ini muncul karena banyaknya krisis yang dialami Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto, dari mulai krisis politik, ekonomi, hukum, sosial, serta krisis kepercayaan masyarakat.

BJ Habibie menjadi presiden pertama di era Reformasi. Munculnya era Reformasi dimanfaatkan segenap bangsa Indonesia untuk membuka peluang dalam menata kehidupan yang lebih berdemokrasi.

Presiden Habibie membuat reformasi berskala besar pada sistem pemerintahan yang ada. Sistem tersebut dijalankan dengan adanya keterbukaan dengan nilai demokrasi yang lebih dikedepankan.

Pada era ini partai politik bersifat independen, tidak lagi dipengaruhi oleh kekuasaan birokrat militer. Hal ini ditandai dengan adanya pemilu untuk memilih secara langsung presiden dan wakil presiden, kepala daerah, serta anggota DPR. Pemilu langsung tersebut pertama kali dilaksanakan pada 2004.

Selama era Reformasi, dari 1998 hingga 2022, Indonesia telah dipimpin oleh 5 presiden. Yakni BJ Habibie, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Joko Widodo (Jokowi).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)