Sahabat Ganjar Santuni Anak Yatim di Banyuwangi

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 21:44 WIB
loading...
Sahabat Ganjar Santuni Anak Yatim di Banyuwangi
Sahabat Ganjar (Saga) menggelar kegiatan sosial santunan kepada anak yatim dan Gebyar Seni Nggandrungi Ganjar Pranowo di Gor Tawang Alun, Kecamatan Giri, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (8/10/2022). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Sahabat Ganjar ( Saga ) menggelar kegiatan sosial santunan kepada anak yatim dan Gebyar Seni Nggandrungi Ganjar Pranowo di Gor Tawang Alun, Kecamatan Giri, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (8/10/2022). Gebyar Seni Gandrungi kali ini turut dihadiri oleh Ketua Umum DPP Sahabat Ganjar Gus Nahib Shodiq, Ketua DPW Jawa Timur, Bambang Wahyuono, serta Ketua DPC Kabupaten Banyuwangi Syamsudin.

Gus Nahib menuturkan bahwa kemuliaan menyantuni anak yatim untuk kebahagiaan mereka. Dia mengatakan, Allah SWT pastinya melipat gandakan pahala kepada orang yang sudah memberikan santunan.

"Seperti Hadist Riwayat Tirmidzi dari Ibnu Abbas yang berbunyi orang-orang yang memelihara anak yatim di antara umat muslimin, memberikan mereka makan dan minum, pasti Allah memasukkannya ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni," kata Gus Nahib.



Setelah kegiatan santunan anak yatim, seluruh relawan yang hadir memanjatkan doa kepada Allah SWT supaya diberikan kesehatan serta karunia dari-Nya. Sahabat Ganjar menikmati sajian tari tradisional dari Kabupaten Banyuwangi sebagai pembukaan acara.

Ketua DPW Sahabat Ganjar Jawa Timur Bambang Wahyuono mengatakan bahwa di Banyuwangi ini terdapat beberapa tarian yang melegenda dan banyak memiliki makna di dalamnya. "Di Banyuwangi ini yang terkenal ada tari kembang pesisiran, tari kembang joyo kusumo, tari jaran goyang, tari nggandrungi, dan masih banyak lagi," ujar Bambang.

Suasana Festival semakin pecah keseruannya saat 400 personel tari gandrung Banyuwangi tampil. Pada kegiatannya, Bambang sangat takjub dengan penampilan tarian yang menjadi maskot Kabupaten Banyuwangi.

"Inilah salah satu budaya Indonesia yang sudah terkenal di mancanegara. Bahkan pada Asian Games 2018, tarian gandrung menjadi pembukaan pada kegiatan olahraga se-Benua Asia. Seni nggandrungi ini juga memiliki makna menyukai, kalau digabungkan dengan tema acara berarti menyukai Ganjar Pranowo," kata Bambang.

Gebyar Seni Nggandrungi ditutup dengan deklarasi dukungan yang dilakukan oleh komunitas tari gandrung Banyuwangi. Ketua DPC Sahabat Ganjar Kabupaten Banyuwangi Syamsudin berharap dengan melekatnya tari gandrung di pentas internasional menjadi magnet ke seluruh penjuru nusantara untuk mendukung Ganjar Pranowo menuju 2024.

"Kita harus semangat untuk memenangkan Pak Ganjar. Kita harus bersatu untuk menggapai tujuan tersebut," kata Syamsudin.

Gebyar Seni Nggandrungi meriah di Banyuwangi ini ditutup dengan sesi foto bersama relawan Sahabat Ganjar dan para komunitas tarian tradisional Banyuwangi yang sudah menyajikan keindahan budaya Indonesia dari Jawa Timur.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)