Mengenal Sosok 3 Jenderal Bintang Lima di Indonesia

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 18:20 WIB
loading...
A A A
Artinya pria asal Rembang ini memperoleh pangkat Jenderal tidak melalui Akademi Militer atau pendidikan tinggi lainnya sebagaimana lazimnya, tapi karena prestasinya.

2. Jenderal Besar A.H. Nasution

Abdul Haris Nasution atau lebih dikenal Jenderal A. H. Nasution dilahirkan pada tanggal 3 Desember 1918 di Desa Hutapungkut, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Setelah dibentuknya TKR, Nasution ditunjuk sebagai kepala staf komandemen TKR I/Jawa Barat dengan pangkat kolonel. Hingga pada 10 Desember 1949 dia diangkat sebagai kepala staf angkatan darat (KSAD).

Sepak terjang Nasution di militer memiliki sejumlah peran penting terkait sejarah Indonesia. Pada Agresi Militer Belanda I dia merupakan orang yang mencanangkan taktik gerilya dalam memimpin pasukan Siliwangi.

Selain itu Nasution juga menjadi satu-satunya Jenderal yang selamat dari peristiwa G30S. Dimana saat itu dia berhasil meloloskan diri dengan memanjat tembok.

Sayangnya sang anak Ade Irma Suryani dan Ajudannya, Pierre Tendean harus menjadi korban keganasan gerakan tersebut.

Nasution diangkat sebagai Jenderal Besar pada HUT ABRI tahun 1997 layaknya Jenderal Soedirman. Nasution meninggal pada 6 September 2000 dan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.

Baca juga : 3 Jenderal TNI yang Sukses Memimpin di Partai Politik

3. Jenderal Besar Soeharto
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)