3 Jenderal TNI yang Sukses Memimpin di Partai Politik

Kamis, 29 September 2022 - 16:47 WIB
loading...
3 Jenderal TNI yang Sukses Memimpin di Partai Politik
Sejumlah Jenderal TNI memutuskan untuk mengarungi dunia politik setelah memasuki masa pensiunnya. Salah satunya SBY. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah Jenderal TNI memutuskan untuk mengarungi dunia politik setelah memasuki masa pensiunnya. Tak sekadar menjadi pelengkap, sebagian dari mereka juga memiliki jabatan yang cukup strategis di dalamnya.

Di Indonesia sendiri, tercatat cukup banyak pemimpin yang memiliki latar belakang militer. Sebut saja seperti Presiden Soeharto hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selain Presiden, sebagian Jenderal ini juga pernah menempati posisi Ketua Umum (Ketum) Partai Politik . Siapa sajakah mereka?

Baca juga : Oligarki Partai Politik Mengancam Demokrasi

Berikut beberapa Jenderal TNI yang sukses memimpin di Partai Politik :

1. Susilo Bambang Yudhoyono

Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono cukup identik dengan Partai Demokrat. Dalam riwayatnya, pria kelahiran Pacitan, 9 September 1949 ini diketahui telah terjun ke dunia politik sejak era Presiden Gus Dur.

Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, SBY merupakan Abituren Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) tahun 1973. Kala itu, dia berhasil meraih predikat Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama yang merupakan prestasi paling tinggi gabungan fisik, mental, dan kecerdasan intelektual.

Dalam perjalanan karier politiknya, Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono
pernah menjabat Ketua Umum Partai Demokrat pada tahun 2013 dan bertahan hingga 2020.

Selain itu, SBY juga pernah terpilih sebagai Presiden Indonesia selama dua periode. Pertama, pada tahun 2004 bersama Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden. Sedangkan yang kedua pada 2009 bersama Boediono sebagai Wakil Presiden.

2. Prabowo Subianto
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1682 seconds (10.101#12.26)