Mengenal Sosok 3 Jenderal Bintang Lima di Indonesia

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 18:20 WIB
loading...
Mengenal Sosok 3 Jenderal Bintang Lima di Indonesia
Terdapat tiga sosok Jenderal Bintang Lima di Indonesia yang bisa diketahui. Salah satunya Jenderal Besar Soeharto. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga sosok Jenderal Bintang Lima di Indonesia yang bisa diketahui. Pangkat tertinggi kemiliteran ini tidak dapat diperoleh oleh sembarang perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dilansir dari peraturan.bpk.go.id, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1997 pasal 7 dijelaskan bahwa Pangkat Jenderal besar, Laksamana Besar dan Marsekal Besar hanya diberikan pada Perwira Tinggi yang sangat berjasa terhadap perkembangan bangsa Indonesia.

Baca juga : Kisah Jenderal TNI yang Peduli Kesejahteraan Anggota Brimob

Pemberian gelar Jenderal Besar ini diberikan oleh Presiden atas usul Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

Berikut sosok tiga Jenderal Bintang Lima di Indonesia :

1. Jenderal Besar Soedirman

Dilansir dari Soedirman.pahlawan.perpusnas.go.id, Jenderal besar Indonesia ini lahir di Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916. Dia merupakan salah satu tokoh besar yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Semasa pendudukan Jepang, dia masuk tentara Pembela Tanah Air (Peta) di Bogor. Begitu tamat pendidikan dia langsung menjadi Komandan Batalyon di Kroya.

Setelah terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat 5 Oktober 1945, Soedirman lantas diangkat menjadi Panglima Divisi V/Banyumas dengan pangkat Kolonel.

Kemudian melalui Konferensi TKR tanggal 2 Nopember 1945, dia terpilih menjadi Panglima Besar TKR/Panglima Angkatan Perang Republik Indonesia. Lalu, pada tanggal 18 Desember 1945, pangkat Jenderal diberikan padanya lewat pelantikan Presiden.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1935 seconds (11.252#12.26)