Keberadaan Moeldoko Dinilai Cukup Efektif Bantu Kerja Presiden Jokowi

Kamis, 06 Oktober 2022 - 21:10 WIB
loading...
Keberadaan Moeldoko Dinilai Cukup Efektif Bantu Kerja Presiden Jokowi
Keberadaan dari Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dinilai cukup efektif dalam membantu kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Keberadaan Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dinilai cukup efektif dalam membantu kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pandangan ini disampaikan oleh Pengamat Politik, Agus Abdullah.

Menurutnya, konsistensi Moeldoko dalam mendukung dan melaksanakan arahan Presiden Jokowi di berbagai kebijakan, karena selalu mengedepankan kepentingan masyarakat.

Baca juga: Moeldoko Pastikan 4 Agenda Strategis Jokowi Berjalan Lancar

Ia pun mengungkapkan, hadirnya KSP Moeldoko menciptakan suatu kolaborasi dan sinergi terkait pikiran-pikiran maupun langkah-langkah dari Presiden Jokowi yang terus mendorong untuk kemajuan Indonesia.

"Dengan hadirnya beliau (Moeldoko) cukup membantu tugas-tugas maupun kebijakan dari Pak Presiden sendiri, karena basic beliau kan militer," kata Agus dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (6/10/2022).

"Yang sungguh tidak diragukan lagi dalam konteks pelaksanaan politik maupun persoalan bangsa terkait isu-isu yang bersifat sosial, politik atau masalah nilai-nilai kebangsaan yang berhubungan dengan tatanan kenegaraan," tambahnya.

Kata Agus, sosok Moeldoko adalah tokoh militer yang kekinian yang cukup langka di era kepemimpinan Presiden Jokowi.

"Beliau memahami betul suatu keadaan teritorial ini yang bersifat komprehensif umumnya, jadi langkah-langkah dalam menyelesaikan persoalan itu cenderung dalam pendekatan persuasif, maupun komunikasi yang terkait dengan satu sama lain," ungkapnya.

"Pak Moeldoko selaku Kepala Staf Presiden ini, memang cukup konsen isu-isu yang terkait kiranya ada tugas maupun ada perintah dari pak Presiden tersendiri," sambungnya.

Agus juga mengatakan, KSP Moeldoko yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ini, berpotensi untuk maju di Pilpres 2024 dengan latar belakang militer yang dimilikinya.

"Kalau adanya peluang atau potensi untuk beliau dalam kontestasi mengikuti pemilu 2024 nanti mungkin insyaallah kenapa tidak ya," jelasnya.

Menurut Agus, figur seperti Moeldoko dengan rekam jejak yang baik sangat dibutuhkan dengan kondisi geopolitik global saat ini, karena untuk mengimbangi langkah kolaborasi dan sinergi dalam kepemimpinan antara sipil dan militer.

"Apalagi beliau, katakanlah seorang mantan Panglima TNI yang tentu paham di mana sisi yang harus beliau mengambil suatu keputusan, kebijakan maupun sifat mengurai suatu persoalan dalam pendekatan persuasif dan hubungan kebersamaan dengan kerakyatan," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)