Puji Pembangunan Era Jokowi, Anak Muda Papua: Terealisasi Baik

Kamis, 06 Oktober 2022 - 13:23 WIB
loading...
Puji Pembangunan Era Jokowi, Anak Muda Papua: Terealisasi Baik
Ketum Eksponen Muda Papua Rahman Fatur saat diskusi Mendorong Pembangunan Berkelanjutan untuk Kemajuan Papua (Keberhasilan Pembangunan di Papua di era Presiden Joko Widodo) di Jakarta, Rabu (5/10/2022). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Eksponen Muda Papua menilai Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) telah berhasil melakukan pembangunan di Papua dan Papua Barat. Organisasi kepemudaan ini terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi asal Papua serta Papua Barat.

Ketua Umum Eksponen Muda Papua Rahman Fatur mengatakan, pembangunan di Jokowi telah dirasakan masyarakat Papua hingga ke wilayah pedalaman. Baik itu di bidang infrastruktur , ekonomi, sosial kesehatan maupun pendidikan.

"Di sektor-sektor itu dulunya belum tersentuh. Oleh Pesiden Jokowi itu semua sudah terealisasi baik," kata Rahman usai diskusi bertemakan Mendorong Pembangunan Berkelanjutan untuk Kemajuan Papua (Keberhasilan Pembangunan di Papua di era Presiden Joko Widodo) di Gedung EMP, Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2022).

Menurutnya, akselerasi pembangunan infrastruktur di era Jokowi berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Hal ini dikarenakan infrastruktur yang dibangun membuat perekonomian masyarakat semakin bergeliat. Infrastruktur yang memadai dapat mengurangi waktu tempuh perjalanan sehingga mempercepat jalur logistik.

Di Papua, Pemerintah tercatat telah melakukan berbagai pembangunan infrastruktur. Misalnya pembangunan jalan Trans Papua, pembangunan bandara, pelabuhan hingga Jembatan Youtefa hingga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Kabupaten Merauke.

Rahman mengatakan, pembangunan di era Jokowi di Papua hampir di seluruh sektor. Bahkan Jokowi belasan kali datang ke Papua untuk memastikan pembangunan berjalan dengan efektif dan maksimal.

Jokowi pun telah membuat Inpres No 09/2020 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat. Hal ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah terhadap pembangunan diberbagai sektor di tanah Papua.

"Presiden Jokowi dalam pemerintahannya berjalan efektif dalam membangun Papua. Itu yang memang kita rasakan dan juga secara realitas di lapangan demikian. Jokowi menjalankan pemerintahan sangat luar biasa," tegasnya.

Rahman berharap Pemerintahan Jokowi terus meningkatkan membangun di Papua. Ia pun siap mendukung kebijakan untuk kebaikan Papua.

Selain itu, Rahman juga berharap Eksponen Muda Papua bisa menjadi wadah bagi anak muda Papua mengembangkan minat, bakat, dan pengembangan dirinya untuk kemajuan Papua khususnya, umumnya untuk Indonesia. Tarian adat Papua turut mewarnai diskusi tersebut.

Diskusi ini menghadirkan narasumber Haris Samsudin sebagai penulis buku, Charles Kosai sebagai Tokoh Muda Papua, Abia Indou sebagai aktivis Papua. Sekitar 80 orang ikut dalam diskusi ini. Mereka merupakan perwakilan mahasiswa Papua yang kuliah di Jabodetabek, khususnya di Jakarta.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)