Jokowi Pimpin Upacara Parade Senja di Kantor Prabowo Subianto

Selasa, 04 Oktober 2022 - 23:13 WIB
loading...
Jokowi Pimpin Upacara Parade Senja di Kantor Prabowo Subianto
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Parade Senja dan penurunan bendera Merah Putih di Lapangan Bela Negara Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (4/10/2022). Foto: BPMI Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) memimpin upacara Parade Senja dan penurunan bendera Merah Putih di Lapangan Bela Negara Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (4/10/2022). Upacara yang digelar di kawasan Kantor Menteri Pertahanan Prabowo Subianto itu adalah bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun ( HUT ) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Jokowi disambut Prabowo Subianto saat tiba di Kementerian Pertahanan. Upacara itu diawali dengan laporan komandan upacara Kolonel Arm. Anom Wirasunu kepada Jokowi selaku inspektur upacara.

Selanjutnya, Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk menghormati para pejuang bangsa dan para pahlawan yang telah gugur. Kemudian, upacara penurunan bendera Merah Putih dilakukan yang kemudian disusul dengan kumandang Andhika Bhayangkari.

Jokowi Pimpin Upacara Parade Senja di Kantor Prabowo Subianto

Foto: BPMI Setpres





Rangkaian upacara diakhiri dengan laporan dari komandan upacara kepada inspektur upacara serta penghormatan kebesaran. Selepas upacara tersebut, Jokowi didampingi Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyaksikan parade pasukan.

Defile tersebut menampilkan pasukan dari tiga matra TNI yakni TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara, serta dari Kepolisian Negara Republik Indonesia, ditambah kadet Universitas Pertahanan, dan komponen cadangan.

Ketua Panitia Acara Syukuran dan Ramah Tamah HUT ke-77 TNI Tahun 2022 Brigjen TNI Zainul Arifin mengatakan bahwa upacara penurunan bendera Merah Putih dan Parade Senja ini digelar sebagai salah satu bentuk syukur sekaligus penghormatan kepada para pahlawan dan purnawirawan.

"Kita berharap dari acara defile, parade, penurunan bendera, dan syukuran ini kita berharap menghormati para sesepuh kita, para senior kita yang telah mendahului maupun yang sudah purnawirawan. Kita tetap bersatu, bersama dalam membangun bangsa Indonesia ini," tuturnya.

Upacara itu dihadiri juga oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)