Jokowi Sebut Pandemi Akan Segera Berakhir, Menkes: Kita Tunggu Perintah Resmi WHO

Senin, 03 Oktober 2022 - 18:11 WIB
loading...
Jokowi Sebut Pandemi Akan Segera Berakhir, Menkes: Kita Tunggu Perintah Resmi WHO
Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa dirinya diminta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berkonsultasi dengan pihak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Foto/BPMI Setpres
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa dirinya diminta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berkonsultasi dengan pihak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) . Konsultasi dilakukan karena Jokowi menyatakan pandemi Covid-19 di Indonesia akan segera berakhir sebentar lagi.

"Kalau ada kebijakan-kebijakan lokal mengenai pengurangan pengetatan dari protokol kesehatan bisa dilakukan, khusus mengenai pandemi karena ini sifatnya dunia, nanti WHO yang akan memberikan timingnya kapan," ujar Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/10/2022). Baca juga: Sebentar Lagi, Pemerintah Akan Nyatakan Pandemi Covid-19 Berakhir



Menurut Budi, WHO memiliki kewenangan khusus dalam mencabut status pandemi dari suatu negara. Maka dari itu, Pemerintah Indonesia akan menunggu perintah dari WHO.

"Itu kan pandemi itu di WHO ada namanya public health emergency of international concern. Itu nanti biasanya kapan dicabutnya dia akan resmikan, dipublish resmi," kata Budi.

Terkait aturan penggunaan masker, Budi menyerahkan segala keputusan kepada Presiden Jokowi. "Itu tergantung Bapak Presiden," kata Budi.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia akan segera dinyatakan berakhir. Dirinya menilai bahwa saat ini pandemi Covid-19 sudah berangsur mereda.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan pada peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di Gedung Smesco, Jakarta, Senin (3/10/2022). Baca juga: Kemenkes Sebut Indonesia Bersiap Menuju Endemi

"Pandemi memang sudah mulai mereda. Mungkin sebentar lagi juga akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir," kata Jokowi dalam sambutannya, Senin (3/10/2022).
(kri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1388 seconds (10.177#12.26)