Terpilih Jadi Pimpinan KPK, DPR Tunggu Sepak Terjang Johanis Tanak

Kamis, 29 September 2022 - 19:28 WIB
loading...
Terpilih Jadi Pimpinan KPK, DPR Tunggu Sepak Terjang Johanis Tanak
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta Johanis Tanak membuktikan konsepnya yang lebih mengedepankan pencegahan daripada penindakan dalam pemberantasan korupsi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi III DPR baru saja menyelesaikan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap dua calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) pengganti Lili Pintauli Siregar.

Dalam seleksi tersebut, Johanis Tanak terpilih melalui mekanisme voting. Saat pemaparan, Johanis akan memprioritaskan tindak pencegahan korupsi bukan penindakan.

Terkait hal itu,cmenyambut baik ide Johanis Tanak yang lebih mengedepankan langkah preventif, ketimbang penindakan dalam pemberantasan korupsi.

Baca juga: Profil Johanis Tanak, Pensiunan Jaksa yang Terpilih Jadi Pimpinan KPK

“Langkah pencegahan memang harus dikedepankan dalam memberantas korupsi. Bukan berarti penangkapan dihapuskan, ini tetap penting dan wajib dilakukan. Tetapi biaya penyidikan sampai eksekusi ini sering juga menjadi beban baru bagi negara, yang kadang lebih besar dari nilai korupsinya,” kata Sahroni, Kamis (29/9/2022)

Baca juga: Johanis Tanak Terpilih Gantikan Lili Pintauli, Firli Bahuri: Selamat Bergabung dalam Barisan KPK

Politisi Partai Nasdem ini berharap agar sebagai pimpinan KPK terpilih, Johanis Tanak dapat memegang dan mengimplementasikan komitmen tersebut saat bertugas kelak. Dengan demikian, cita-cita untuk menghapuskan tindak pidana korupsi dari Indonesia dapat tercipta.

“Implementasikan gagasan-gagasan bapak dalam bentuk mekanisme yang baik dan ketat. Sehingga tugas KPK dalam menekan atau menghapuskan korupsi ini benar-benar dapat tercipta. Pak Firli bisa kita lihat sangat gahar dalam berantas koruptor, saya harap Pak Johanis jangan mau kalah,” tegasnya.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1501 seconds (10.177#12.26)