Ridwan Kamil soal Pilihan Parpol: Dinamikanya Banyak Sekali

Kamis, 29 September 2022 - 19:15 WIB
loading...
Ridwan Kamil soal Pilihan Parpol: Dinamikanya Banyak Sekali
Ridwan Kamil mengakui banyak dinamika untuk menentukan parpol yang akan dipilihnya. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikabarkan segera bergabung salah satu partai politik (parpol) dalam waktu dekat. Namun dia mengaku belum bisa menyebut ke partai politik mana dia akan berlabuh.

Dia beralasan, banyak pertimbangan yang harus dilakukan sebelum memilih parpol mengingat banyaknya dinamika politik jelang tahun politik 2024. "Ya nanti dikabari lah, diumumkan. Masih di tahun ini. Dinamikanya banyak sekali," katanya di Bandung, Kamis (29/9/2022).

Soal pertemuannya dengan Anggota Wantimpres yang juga politikus senior Partai Golkar Agung Laksono, Ridwan Kamil mengatakan tak ada kaitan dengan karier politiknya. "Lebih tepatnya saya dapat nasihat agar lebih berprestasi dalam pembangunan. Kalau karier politik mah nanti menyesuaikan dengan prestasi yang ditampilkan," jelas dia.

Baca juga: Ridwan Kamil Ngopi dengan Agung Laksono, Gabung Golkar?

Paling Disuka Pemilih Muda

Ridwan Kamil sejauh ini memang masih berada dalam jangkauan radar capres-cawapres potensial pada Pilpres 2024. Salah satu keunggulan Ridwan Kamil adalah penerimaan kelompok pemilih muda.

Hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada pemilih muda usia 17-39 tahun pada 8-13 Agustus 2022 menempatkan Ridwan Kamil sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi sebagai cawapres.

Kepala Departemen Politik dan Perubahan CSIS, Arya Fernandes mengatakan, dalam hasil survei ini, Ridwan Kamil bisa diperhitungkan untuk digandeng sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. Sebab, pemilih muda banyak yang menyukai sosok orang nomor satu di Jabar itu.

"Kalkulasi politik saat ini yang paling memungkinkan (Ridwan Kamil) sebagai cawapres karena namanya bertengger sebagai yang terbesar," ujar Arya, Kamis (29/9/2022).

Survei simulasi pemilih muda ini dilakukan dengan menyodorkan 14 nama dan mengerucut di tujuh nama. Hasilnya, nama Ridwan Kamil mengungguli Ganjar Pranowo, Prabowo, dan Anies Baswedan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1701 seconds (11.210#12.26)