Hormati Proses Hukum di KPK, AHY Copot Lukas Enembe

Kamis, 29 September 2022 - 11:46 WIB
loading...
Hormati Proses Hukum di KPK, AHY Copot Lukas Enembe
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menunjuk Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Willem Wandik menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Partai Demokrat Papua. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta kader di Papua untuk tetap tenang. Ia meminta para kader menghormati proses hukum terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kepada seluruh kader Partai Demokrat di Provinsi Papua, saya minta tetap tenang, dan mari kita hormati proses hukum yang sedang berjalan," ujar AHY saat menyampaikan pandangan dan sikap Partai Demokrat Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (29/9/2022).

AHY juga mendorong para kader di Papua tetap menjaga suasana kondusif. "Sama-sama kita jaga situasi yang kondusif di tanah Papua yang kita cintai," lanjut dia.

Baca juga: KPK Minta Lukas Enembe Kooperatif

AHY telah menunjuk Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Willem Wandik menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Partai Demokrat Papua. Menurut AHY, pergantian tersebut untuk menghormati proses hukum KPK atas dugaan gratifikasi Lukas Enembe yang merupakan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua.

"Kami juga mendukung upaya hukum Pak Lukas untuk mencari keadilannya. Selama proses itu berjalan, mengingat Pak Lukas berhalangan untuk melaksanakan tugasnya, atau non-aktif, maka, kami menunjuk Saudara Willem Wandik sebagai Pelaksana Tugas Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua," ucap AHY.



Hal tersebut kata AHY sesuai dengan Anggaran Dasar Partai Demokrat Pasal 42 ayat 5. "Saudara Willem Wandik adalah salah satu Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, yang juga menjabat sebagai Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat," lanjut AHY.
(muh)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1493 seconds (11.252#12.26)