Deretan Jenderal Bintang 5 di Dunia, 3 dari Indonesia

Senin, 26 September 2022 - 06:12 WIB
loading...
Deretan Jenderal Bintang 5 di Dunia, 3 dari Indonesia
Deretan jenderal bintang 5 di dunia akan diulas dalam artikel ini. Dari deretan itu, 3 jenderal bintang 5 di antaranya dari Indonesia, yakni Abdul Haris (AH) Nasution, Soedirman, dan Soeharto. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Deretan jenderal bintang 5 di dunia akan diulas dalam artikel ini. Dari deretan itu, 3 jenderal bintang 5 di antaranya dari Indonesia. Siapa saja?

Di Indonesia, jenderal bintang 5 atau jenderal besar merupakan pangkat militer tertinggi hingga saat ini sejak 1997. Pangkat tersebut diberikan kepada perwira tinggi yang dianggap sangat berjasa terhadap perkembangan bangsa dan negara pada umumnya dan TNI pada khususnya.

Hal tersebut merupakan bunyi Pasal 2a Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 1997 Tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 1990Tentang Administrasi Prajurit Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

Baca juga: Sosok Jenderal Bintang 5 di Indonesia, Diberi Penghargaan karena Jasa-jasanya

"Pemberian pangkat Jenderal Besar Tentara Nasional Indonesia, Laksamana Besar Tentara Nasional Indonesia, dan Marsekal Besar Tentara Nasional Indonesia sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) diberikan oleh Presiden atas usul Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia," bunyi Pasal 2b PP Nomor 32 Tahun 1997 itu.

Kemudian, Pasal 2c PP Nomor 32 Tahun 1997 itu menyebutkan bahwa pemberian pangkat Jenderal Besar TNI, Laksamana Besar TNI, dan Marsekal Besar TNI tidak membawa konsekuensi wewenang dan tanggung jawab dalam hierarki keprajuritan. Nah, petinggi militer berpangkat jenderal bintang 5 ini juga tidak hanya ada di Indonesia.

Tercatat, ada sembilan perwira militer di Amerika Serikat yang memperoleh pangkat tersebut. Berikut deretan jenderal bintang 5 di Amerika Serikat yang dihimpun dari berbagai sumber termasuk laman We Are The Mighty:

Baca: Sakit Hati Diusir dari Cijantung, Jenderal Kopassus Ini Pernah Berjanji Tak Akan Lagi Pakai Baret Merah

1. Laksamana Armada William Daniel Leahy
Dia merupakan perwira pertama yang menerima pangkat jenderal bintang 5. Leahy adalah perwira paling senior di militer Amerika Serikat yang berasal dari matra angkatan laut. Leahy pensiun pada 1939. Namun, setelah pensiun, Leahy diangkat menjadi Kepala Staf Presiden Roosevelt dan Truman hingga 1949.

Deretan Jenderal Bintang 5 di Dunia, 3 dari Indonesia

Laksamana Armada William Daniel Leahy (kanan). Foto: We Are The Mighty
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1507 seconds (11.210#12.26)