BMKG Belum Terima Laporan Kerusakan dan Korban Jiwa Usai Gempa M6,4 Guncang Aceh

Sabtu, 24 September 2022 - 09:44 WIB
loading...
BMKG Belum Terima Laporan Kerusakan dan Korban Jiwa Usai Gempa M6,4 Guncang Aceh
Deputi Bidang Geofisika BMKG, Suko Prayitno Adi mengungkapkan pasca kejadian gempa M6,4 yang mengguncang Aceh pagi ini pukul 03.52.59 WIB belum ada laporan kerusakan bangunan ataupun korban jiwa. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan pasca kejadian gempa M6,4 yang mengguncang Aceh pagi ini pukul 03.52.59 WIB belum ada laporan kerusakan bangunan ataupun korban jiwa.

“Informasi yang dapat kami peroleh dari BPBD Kota Banda Aceh dan BPBD Aceh Barat Daya ternyata di sana belum ditemukan kerusakan-kerusakan yang berarti, ini belum updatenya masih baru saja, nanti kita terus akan memantau perkembangan. Mudah-mudahan kita berdoa bahwa gempa ini tidak merusak yang lebih fatal lagi,” ujar Deputi Bidang Geofisika BMKG, Suko Prayitno Adi saat Konferensi Pers secara virtual, Sabtu (24/9/2022). Baca juga: Gempa M6,4 Guncang Aceh, BMKG Sebut Akibat Aktivitas Subduksi Lempeng



Suko pun mengatakan belum ada laporkan korban jiwa akibat gempa ini. “Namun kalau dilihat dari intensitasnya kemungkinan kerusakannya hanya kerusakan kecil-kecil saja. Dan namun sampai saat ini belum ada korban dilaporkan meninggal.”

Sebelumnya, dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,75° LU ; 95,97° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 46 Km arah Selatan Kota Meulaboh, Aceh pada kedalaman 53 km.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan daerah Meulaboh, Aceh Selatan, dan Nagan Raya dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Kemudian di daerah Aceh Besar, Banda Aceh, Takengon, Bener Meriah, dan Simeulue dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Baca juga: BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Laut Selatan Jawa Barat

Selain itu, di daerah Pidie, Idi, Bireun, Langsa dan Aceh Tamiang dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).
(kri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1464 seconds (11.252#12.26)