Menag Gambarkan Hubungan Indonesia-Arab Saudi dalam Satu Kata: Persaudaraan

Jum'at, 23 September 2022 - 23:08 WIB
loading...
Menag Gambarkan Hubungan Indonesia-Arab Saudi dalam Satu Kata: Persaudaraan
Menag Yaqut Cholil Qoumas saat sambutannya di acara perayaan Hari Nasional Arab Saudi ke 92 di Jakarta, Jumat (23/9/2022). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menggambarkan hubungan antara Indonesia dengan negara Kerajaan Arab Saudi seperti layaknya saudara. Sebab hubungan kedua negara telah terjalin sejak lama.

"Sejak dibangunnya hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi pada tahun 1947, kedua negara telah memiliki hubungan bilateral dalam berbagai macam kerja sama baik dalam bidang politik, sosbud, juga berbagai bidang lain," ujar Menag saat sambutannya di acara perayaan Hari Nasional Arab Saudi ke 92 di Jakarta, Jumat (23/9/2022).

"Yang saya gambarkan antara hubungan kedua negara Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi dalam satu kata persaudaraan," tambahnya.



Perayaan itu dirasakannya bersama teman-teman dan kolega, korps diplomatik dan lembaga pemerintah, sektor swasta dan masyarakat.

"Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia saya menyampaikan selamat kepada pemerintah kerajaan Arab Saudi atas peringatan hari nasional ke-92. Semoga Allah SWT memberikan berkah persatuan yang erat dan masa depan yang lebih cerah di Arab Saudi," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, hubungan erat di berbagai aspek antara kedua negara telah secara aktif mempromosikan pembangunan yang setara khususnya bagi negara-negara berkembang.

Misalnya kata Menag, Kerajaan Arab Saudi kini dipandu oleh visi saudi 2030 dan telah berubah dari ekonomi berbasis sumber daya alam menjadi ekonomi yang produktif dan beragam berdasarkan pengetahuan, inovasi, pariwisata, dan lain lain.

"Indonesia ingin bergerak menuju ekonomi lestari yang produktif berdasarkan inovasi masa depan. Indonesia telah menapakkan kakinya ke dalam industri produk hijau-hijau dan sebagainya," jelasnya.

Sementara itu pada agenda G20, Indonesia dan Arab Saudi kata Menag telah bersepakat, bekerja sama untuk arsitektur kesejahteraan global dan transformasi digital, transisi energi.

Lantas dirinya menyambut hangat kunjungan negara Arab Saudi pada acara G20 di Indonesia untuk menikmati keindahan dan keragaman budaya alam Indonesia.

"Saya percaya bahwa persaudaraan antara Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi akan tumbuh lebih kuat ditahun-tahun yang akan datang. Dengan komitmen bersama kita akan bekerja bersama demi kemajuan kedua bangsa," tuturnya.

"Izinkan kami mengucapkan selamat kepada kerajaan Arab Saudi atas hari nasional ke-92," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)