3 Murid Tjokroaminoto yang Memilih Jalan Berbeda Satu Sama Lain

Senin, 19 September 2022 - 17:39 WIB
loading...
3 Murid Tjokroaminoto yang Memilih Jalan Berbeda Satu Sama Lain
Tjokroaminoto. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Tjokroaminoto selain dikenal sebagai pahlawan nasional juga merupakan seorang guru bagi sejumlah tokoh yang berpengaruh di Indonesia.

Tuan rumah pemegang kendali Kampung Panelen ini setiap malam selalu menggelar diskusi dan memberikan kebebasan berpendapat bagi para tokoh kemerdekaan yang mendatanginya.

Baca juga : Jejak HOS Tjokroaminoto, Raja Jawa Tanpa Mahkota Gurunya Soekarno, Muso, Semaun, dan Kartosuwiryo

Tjokroaminoto menjadi motor gerakan massa pertama paling progresif di Indonesia saat itu. Dilansir dari kebudayaan.kemdikbud, Selain kemerdekaan Indonesia, pokok gagasan Tjokro yang terkenal adalah pentingnya kebebasan berpolitik serta perlunya membangkitkan kesadaran akan hak-hak kaum pribumi.

Beberapa murid dari Tjokroaminoto di antaranya yaitu Soekarno, Kartosoewirjo, dan Semaoen. Mereka bertiga merupakan seorang pemimpin besar yang memiliki pemikiran kritis dan memilih jalan yang berbeda dalam memperjuangkan Indonesia.

Soekarno membentuk Partai Nasional Indonesia, Kartosoewirjo berjuang melalui Darul Islam, sementara Semaoen mendirikan Partai Komunis Indonesia (PKI).

1. Soekarno

"Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan, dan bicaralah seperti orator,"

Merupakan kata kata Tjokroaminoto yang selalu dikenang oleh sang presiden pertama Indonesia ini. Sejak dulu Soekarno memang telah dikenal sebagai ahli retorika dimana kata katanya dapat menggugah hati para pendengarnya.

Hal ini tak lepas dari latihan orasinya di Kampung Panelen. Dimana pada saat itu dia juga kerap mendapat kritik pedas dari para seniornya terutama Kartosoewirjo.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1380 seconds (10.101#12.26)