Survei LPI: Kepala BIN Budi Gunawan Tokoh Paling Berpengaruh

Sabtu, 17 September 2022 - 20:11 WIB
loading...
A A A
Boni lebih lanjut mengatakan Kepala BIN Budi Gunawan adalah sosok yang cerdas, bekerja dalam senyap, dan sangat professional dalam melaksanakan tugasnya baik sebagai kepala BIN maupun sebagai orang dekat Presiden Jokowi.

"Survei ini tidak berkaitan apapun dengan agenda pragmatis pemilu. LPI dari awal berdirinya 2008 tidak bermain pada isu pragmatis, tetapi lebih mengarah pada agenda kenegaraan merawat ke-Indonesia-an kita," tegas Boni.

Peneliti LPI Febri Wahyuni mengungkapkan Budi Gunawan merupakan tokoh yang paling berpengaruh. perolehan skor 2.39. Hal ini tampak pada indikator pengaruh yang berbasis pada kepiawaian seorang pemimpin dalam dua sub indikator yaitu dalam hal perumusan kebijakan, agenda program sekaligus mengimplementasikannya dan pengaruh pemimpin tersebut dalam menahkodai institusinya.

"Terhadap dua unsur tersebut, responden menilai sosok Budi Gunawan mempunyai pengaruh positif terhadap sejumlah rumusan program dan agenda BIN terutama dalam hal penanggulangan wabah Covid-19 sekaligus mengawal fase transisi dari pandemi ke endemik," tutur Wahyuni.

Responden, kata Wahyuni juga menilai reputasi Budi Gunawan dalam memimpin institusi BIN juga tampak dari terobosan kebijakan serta ketangkasan lintas kompartementasi di internal institusi dalam merespons beragam dimensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG).

"Ketangkasan Pak Budi Gunawan juga sekaligus memberikan deteksi, analisa, proyeksi dan strategi untuk menempuh kebijakan yang akan diambil oleh Presiden RI Jokowi selaku end user-nya," ungkap Wahyuni.

Sementara Direktur IPI Karyono Wibowo menilai wajar jika Budi Gunawan menjadi tokoh paling berpengaruh. “Sesuatu yang wajar bahwa Kepala BIN berada di posisi teratas karena kontribusi pemikiran dan tenaga BIN yang luar biasa besar dalam memerangi Covid-19, sosialisasi kebijakan-kebijakan popular pemerintah seperti pembangunan ibukota negara (IKN) di Kalimantan Timur, dan berbagai kebijakan strategis lainnya yang dijalankan pemerintah," terang Karyono.

Direktur Indonesian Club Gigih Guntoro, mengaku tidak tertarik dengan isu popularitas para calon presiden dan wakil presiden. “Survei ini untuk mengapresiasi kerja pemerintah dan menjaga kepercayaan publik terhadap negara. Seperti kinerja Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang dianggap terbaik, termasuk Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang juga dianggap terbaik meskipun di tengah badai internal di Polri, patut kita apresiasi supaya kepercayaan masyarakat terhadap negara terjaga dengan baik," pungkas Gigih.

Adapun dalam survei tersebut, 10 menteri/kepala lembaga negara paling berpengaruh di antaranya:

1. Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan dengan skor 2,39
2. Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dengan skor 2,38
3. Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dengan skor 2,38
4. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dengan skor 2,38
5. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dengan skor 2,38
6. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan skor 2,35
7. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan 2,35 skor
8. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dengan skor 2,34
9. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dengan skor 2,33
10. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan skor 2,32
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)