Dirawat di ICU RS Malaysia, Begini Kondisi Azyumardi Azra

Sabtu, 17 September 2022 - 17:56 WIB
loading...
Dirawat di ICU RS Malaysia, Begini Kondisi Azyumardi Azra
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra masih menjalani perawatan di ruang Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra masih belum sadarkan diri setelah menjalani perawatan di ruang Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia. Azyumardi diindikasikan terinfeksi Covid-19.

Wakil Ketua Dewan Pers Agung Dharmajaya menginformasikan, dia belum dapat berkomunikasi langsung dengan Azyumardi. Namun, dari penjelasan dokter, Azyumardi diberi obat untuk meredakan rasa sakit yang efeknya membuat pasien tertidur.

"Kalau lihat kayanya sedang ditidurkan ya. Jadi dipasang alat. Karena kan gejala awalnya ada batuk, ada sesak, kemudian tadi, kalau orang batuk, kalau tidak ditidurkan, pasti akan keguncang terus kan," beber Agung saat berbincang dengan MNC Portal Indonesia lewat sambungan telepon, Sabtu (17/9/2022).



Agung menjelaskan, gejala awal yang dirasakan Azyumardi memang batuk dan sesak nafas. Kemudian, dokter memberikan obat tidur yang sekaligus untuk menghilangkan batuk.



"Jadi dokter menyampaikan supaya tidak banyak gerak, dalam artian terganggu karena batuk, baiknya ditidurkan dalam waktu beberapa jam, nanti kalau batuknya sudah reda, kalau beliau sudah siuman, beliau tidak terganggu batuk, karena kan kalau batuk menekan juga," ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, Prof Azyumardi Azra mengalami gangguan kesehatan ketika mendarat di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia, pada Jumat, 16 September 2022, sore. Gejala awal yang dirasakan Azyumardi yakni batuk dan sesak nafas.

Azyumardi langsung dilarikan ke rumah sakit di daerah Serdang, Malaysia. Saat ini, Azyumardi belum bisa ditemui oleh pohak keluarga serta koleganya karena masih menjalani perawatan di ruang ICU.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2259 seconds (0.1#10.140)