Total 13 Terduga Teroris Anshor Daulah Ditangkap Densus 88 Antiteror

Jum'at, 16 September 2022 - 16:54 WIB
loading...
Total 13 Terduga Teroris Anshor Daulah Ditangkap Densus 88 Antiteror
Densus 88 Antiteror Polri menyatakan total sudah 13 tersangka teroris jaringan Anshor Daulah (AD yang ditangkap di wilayah Riau. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Detasemen Khusus ( Densus) 88 Antiteror Polri menyatakan total sudah 13 tersangka terorisme yang ditangkap di wilayah Riau. Mereka semua merupakan kelompok dari jaringan Anshor Daulah (AD).

"Telah dilakukan penangkapan 13 tersangka terorisme di Polda Riau," kata Jubir Divisi Humas Polri Kombes Pol Ade Yaya Suryana, Jumat (16/9/2022).

Adapun ke-13 tersangka teroris yang ditangkap tersebut berinisial, RP, JW, II, Z, MNS, M, MA, ITZ, WI, S, A, ES, AF.



Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri menangkap delapan tersangka teroris di Dumai, Riau, yang merupakan kelompok dari Anshor Daulah (AD).

Kedelapan teroris yang ditangkap detasemen berlambang burung hantu tersebut adalah, RP, JW alias AJ, II, M, Z, MNS, ITZ, dan MA.



Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin Siregar mengungkapkan peran dan keterlibatan dari delapan orang yang ditangkap tersebut. Di antaranya tersangka RP diketahui merupakan Amir AD di Dumai.

"Dan terhubung dalam grup telegram pengusaha lokal di bawah pimpinan AY Jawa Tengah, dengan tujuan grup tersebut membentuk struktur Tanzim agar terealisasi jihad fisabililah," kata Aswin, Jakarta, Jumat (16/9/2022).

Kemudian, kata Aswin, para tersangka kasus teroris tersebut juga pernah melakukan survei untuk pelatihan atau Idad di daerah Dumai Barat. "Melakukan survei Idad di area perkebunan sawit Bagan Keladi, Dumai Barat," ujar Aswin.

Lalu, di antara tersangka itu juga diketahui pernah terlibat dalam aksi penyerangan Polda Riau pada 2018 lalu. "Mereka melakukan idad latihan ala militer sebanyak dua kali di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau Pada awal Tahun 2020," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4335 seconds (0.1#10.140)